Andre Rosiade: Kami Kawal Pengecatan Dome Gedung Kura-kura DPR Rp 4,5 M

Nahda Rizki Utami - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 13:15 WIB
Andre Rosiade
Foto: Andre Rosiade (dok. Andre Rosiade).
Jakarta -

Anggota BURT DPR Andre Rosiade mewanti-wanti agar tidak ada hengki pengki dalam proses pengecatan dome gedung kura-kura DPR yang mencapai Rp 4,5 miliar. Andre meminta proses pengadaan haruslah transparan.

"Ini kan tender. Nanti diaudit saja. HPS itu kan ada konsultannya. Anggota DPR sendiri tidak mengetahui. Kita saja baru tahu pengerjaan cat ini dari media. Makanya kita tanya ke Pak Setjen ini Rp 4,5 miliar pengerjaan apa? Ngecat?" kata Andre kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

"Beliau menjelaskan bahwa ini bukan hanya cat tapi juga ada pengupasan, ada perbaikan konstruksi yang rusak. Nanti akan kita dalami dan kita akan kawal pastikan jangan sampai ada hengki pengki bahwa pengadaannya harus transparan," imbuhnya.

Andre menjelaskan kondisi dome gedung DPR. Andre menyebutkan dome gedung itu sudah cukup tua dan membutuhkan perbaikan.

"Kita tidak tahu kondisi, ini gedung sudah tua, sudah puluhan tahun. Mungkin Jadi kondisinya mungkin memang membutuhkan. Nanti pihak setjen bisa memberikan info lebih lanjut. Informasi dari Kesetjenan ini bukan hanya pengecatan tapi juga perbaikan konstruksi," jelas Andre.

Andre mengimbau proses lelang tender dilakukan secara transparan. Dia yakin pihak Kesetjenan DPR akan mengikuti prosedur yang ada.

"Kami di BURT sudah mengimbau bahawa lelang-lelang tender di DPR dilakukan transparan sesuai prosedur yang ada. Kami meyakini Kesetjenan akan mengikuti," ujar Andre.

Lebih lanjut, Andre mengatakan anggaran sebesar Rp 4,5 miliar tidak hanya untuk pengecatan dome gedung DPR, tetapi juga untuk perbaikan konstruksi gedung. Masyarakat juga dapat mengikuti proses pengerjaannya.

"Memang untuk urusan anggaran Rp 4,5 miliar itu tidak hanya untuk cat, tapi untuk perbaikan konstruksi, sehingga publik bisa mengikuti secara seksama pengerjaannya," imbuh Andre.

Sebelumnya, DPR menganggarkan Rp 4,5 miliar untuk pengecatan dome Gedung Nusantara. Anggarannya berasal dari APBN 2022.

Dilihat detikcom dari situs LPSE DPR, Selasa (17/5/2022), paket tersebut memiliki kode tender 735087 dengan nama tender 'Pengecatan Dome Gedung Nusantara DPR RI'.

Proses tender saat ini masuk tahap pengumuman pascakualifikasi. Tender berada pada satuan kerja Sekretariat Jenderal DPR RI.

"Tahun anggaran APBN 2022. Nilai pagu paket Rp 4.560.000.000 (Rp 4,56 miliar). Nilai HPS paket Rp 4.501.240.786 (Rp 4,50 miliar)," tulis situs itu.

Lokasi pekerjaan berada di Gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Ada 19 peserta dalam lelang tender ini.

Simak Video 'Melongok Penampakan Dome DPR, yang Biaya Pengecatannya Capai Rp 4,5 M':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/gbr)