Eks Pejabat Bank BUMD Jabar Segera Disidang di Kasus Korupsi Kredit Kapal

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 20:05 WIB
Tahap dua tersangka dugaan korupsi kredit kapal di bank BUMD Jabar
Tahap dua tersangka dugaan korupsi kredit kapal di bank BUMD Jabar (Foto: dok. Kejati Banten)
Serang -

Empat tersangka dugaan korupsi terkait kredit pembelian kapal melalui Bank BUMD Jabar senilai Rp 11 miliar pada 2016 segera disidangkan. Hari ini, tim penyidik Kejati Banten menyerahkan tersangka dan barang bukti ke penuntut umum Kejari Kota Tangerang.

"Tim penyidik Kejati Banten menyerahkan tersangka dan barang bukti ke tim penuntut umum di Rutan Serang dan Rutan Pandeglang," kata Kasi Penkum Kejati Banten Ivan H Siahaan, Selasa (17/5/2022).

Pelaksanaan tahap dua ini atas empat tersangka. Tiga orang merupakan pejabat di lingkungan perbankan TS, HA, dan YG. Satu tersangka lain berinisial HH berasal dari pihak swasta.

"Tersangka TS, HA, YG selaku komite pembiayaan pada Bank BUMD Jabar pusat," ujarnya.

Persetujuan pembiayaan ini dilakukan pada Juni 2016. Tiga tersangka pejabat itu menyetujui pengajuan pembiayaan kepada tersangka HH selaku direktur PT HS dengan menerbitkan surat persetujuan komite pembiayaan.

"Berdasarkan hasil penyidikan bahwa persetujuan pembiayaan tersebut tidak sesuai prosedur yang ada sehingga atas kredit yang dikucurkan bank BUMD Jabar tersebut macet dan jaminan kapal pun tidak diketahui keberadaannya," paparnya.

Kerugian atas perbuatan para tersangka merugikan keuangan negara Rp 10,7 miliar. Para tersangka diancam Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 UU Tipikor.

"Setelah dilakukan tahap dua maka tim penuntut umum mempersiapkan surat dakwaan untuk segera melimpahkan perkara dimaksud ke Pengadilan Tipikor Serang untuk segera disidangkan," pungkasnya.

Simak juga 'KPK Tahan Walkot Ambon Richard Louhenapessy!':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/lir)