Polri Kerahkan Tim TAA Bantu Usut Kecelakaan Maut di Tol Mojokerto

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 16:54 WIB
Tim TTA Korlantas Polri melakukan olah tempat kecelakaan Bus yang menabrak tiang VMS di Tol Mojokerto dengan kamera 3D scanner.
Foto: Enggran Eko Budianto/detikJatim
Jakarta - Korlantas Polri mengerahkan Tim Traffic Accident Analysis (TTA) guna membantu menyelidiki kecelakaan bus maut di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo). Kecelakaan tersebut merenggut 14 nyawa.

"Dalam hal ini Mabes Polri, Korlantas Polri, telah mengirimkan tim. Tim TAA atau Traffic Accident Analysis untuk mem-back up Polda Jatim Ditlantas Polda Jatim," kata Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (17/5/2022).

Ramadhan mengatakan Tim TAA akan membantu Ditlantas Polda Jatim untuk menyelidiki kecelakaan tersebut. Tim TAA sudah mulai melakukan penyelidikan.

"Dalam rangka melakukan penyelidikan dan penyidikan. Saat ini tim TAA sudah bekerja. Kita lihat sejauh mana perkembangannya akan kita update," ujarnya.

Diketahui, bus Ardiansyah yang dikemudikan sopir cadangan, Ade Firmansyah (29), warga Sememi, Kelurahan Benowo, Pakal, Surabaya, melaju dari barat ke timur atau dari arah Jombang ke Surabaya. Sampai di Km 712.400A Tol Sumo pada Senin (16/5) sekitar pukul 06.15 WIB, bus mendadak oleng ke kiri karena diduga sopir mengantuk.

Akibatnya, bus berpenumpang 32 orang itu menabrak besi pembatas jalan tol dan tiang VMS. Kerasnya benturan membuat bagian depan sisi kiri bus ini hancur. Bus juga terguling ke kanan di lajur kiri jalan tol. Sedangkan tiang VMS ambruk.

Kecelakaan tunggal ini mengakibatkan 14 penumpang tewas. Jenazah para korban telah dipulangkan ke rumah duka dari RSUD Dr Wahidin Sudiro Husodo, Kota Mojokerto. Selain itu, 18 penumpang dan 1 sopir cadangan bus terluka.

Mereka dirawat di beberapa rumah sakit berbeda. Sedangkan sopir utama bus, Ahmad Ari Ardiyanto (31), warga Desa Boteng, Menganti Gresik, selamat. Maka, total ada 34 orang di dalam bus nahas tersebut.

Bus pariwisata ini mengangkut rombongan wisatawan yang akan pulang ke Kelurahan Benowo, Pakal, Surabaya. Sebanyak 32 penumpang bus usai berwisata ke Dieng, Wonosobo, dan Malioboro, Yogyakarta. Mereka berangkat rekreasi sejak Sabtu (14/5) malam. (azh/idn)