Elon Musk dan Joko Widodo: Isi Obrolan di AS hingga Berbalas Tweet

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 14:16 WIB
Jakarta -

Elon Musk dan Joko Widodo bertemu di gedung SpaceX, Amerika Serikat, pada Jumat (14/5/2022). Pertemuan tersebut terjadi di sela-sela kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat.

Sebelum bertemu dengan Jokowi, Elon Musk juga sempat berbincang dengan Menko Marves RI Luhut Binsar Pandjaitan. Lantas, apa saja isi pembicaraan Elon Musk dan Jokowi? Simak informasinya berikut ini.

Elon Musk-Joko Widodo: Diskusi Investasi hingga Teknologi

Dilansir dari keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (15/5/2022), Jokowi tiba di gedung Stargate SpaceX sekitar pukul 10.30 waktu setempat dan langsung disambut oleh Elon Musk.

Jokowi dan Elon Musk berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX. Elon Musk menjelaskan sisi-sisi roket SpaceX kepada Jokowi.

"Ini adalah sayap belakang dan kemudian sayap depan berada jauh di atas sana, dan ini memiliki panjang 50 meter dan diameter 9 meter," ucap Elon Musk.

Jokowi menjelaskan pertemuannya dengan Elon Musk merupakan tindak lanjut dari perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Ada beberapa hal yang didiskusikan oleh Elon Musk dan Joko Widodo, salah satunya tentang investasi dan teknologi.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," demikian keterangan Jokowi

Elon Musk Tertarik Kerja Sama dengan RI

Dalam pertemuannya dengan Jokowi, Elon Musk merasa tertarik dengan masa depan Indonesia. Ia juga menyampaikan ketertarikannya untuk bekerja sama dengan Indonesia.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan SpaceX akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," kata Elon.

"Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan," ucapnya lagi.

Jokowi Undang Elon Musk ke RI

Elon Musk-Joko Widodo bertemu dalam kunjungan kerja Jokowi ke Amerika Serikat. Pascapertemuan tersebut, Jokowi sempat mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia.

"Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," ucap Jokowi dalam kunjungannya ke SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat.

Elon Musk menjawab undangan Jokowi tersebut. Elon Musk mengatakan berencana datang ke Indonesia pada bulan November tahun ini.

"Mudah-mudahan di bulan November, terima kasih atas undangannya," ujar Elon.

Setelah Elon Musk dan Joko Widodo bertemu, mereka juga berbalas cuitan di Twitter. Cek selengkapnya di halaman selanjutnya.