ADVERTISEMENT

Tiba di PN Jakbar, Nirina Zubir Bakal Bersaksi di Kasus Mafia Tanah

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 10:39 WIB
Nirina Zubir
Nirina Zubir (Instagram/@nirinazubir)
Jakarta -

Kasus mafia tanah yang dilaporkan Nirina Zubir terhadap mantan ART-nya akan disidangkan pagi ini. Nirina Zubir hadir di pengadilan untuk bersaksi di kasus tersebut.

Pantauan detikcom di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Jalan Letjen S Parman, Jakbar, Nirina datang pukul 10.30 WIB, Selasa (17/5/2022). Nirina akan bersaksi terkait kasus mafia tanah.

Pejabat humas PN Jakbar, Eko Ariyanto, mengatakan hari ini agenda sidangnya adalah pemeriksaan saksi. Sebelumnya mantan ART Nirina sudah didakwa melakukan pemalsuan surat hingga tindak pidana pencucian uang atau TPPU.

"Agendanya seperti itu (dijadwalkan pemeriksaan saksi)," ujar Eko Ariyanto saat dimintai konfirmasi.

Seperti diketahui, Nirina Zubir melaporkan mantan ART almarhumah ibunya yang bernama Riri Khasmita pada November 2021. Menurut keterangan Nirina Zubir saat itu, ada enam aset berupa surat tanah yang diduga digelapkan oleh Riri Khasmita bersama rekannya.

Karena hal itu, Nirina Zubir dan keluarga ditaksir merugi hingga Rp 17 miliar. Riri Khasmita pun ditetapkan sebagai tersangka bersama sang suami dan tiga notaris PPAT Jakarta Barat. Riri Khasmita dan tersangka lainnya saat ini mendekam di Rutan Polda Metro Jaya.

Sementara itu, diketahui, pada 10 Mei 2022, telah dilakukan pembacaan dari JPU terhadap terdakwa Riri Khasmita dan suaminya bernama Endrianto. Selain dua nama tersebut, dalam perkara ini terdapat tiga terdakwa lainnya yang merupakan notaris PPAT Jakarta Barat, yaitu Faridah, Ina Rosalina, dan Erwin Riduan.

Mereka didakwa melakukan pemalsuan surat hingga tindak pidana pencucian uang atau TPPU. Persidangan untuk kelimanya dilakukan dalam berkas terpisah dengan jeratan pidana Pasal 264 ayat (1) dan ayat (2) KUHP juncto Pasal 263 ayat (1) dan ayat (2) KUHP juncto Pasal 362 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP serta Pasal 3 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (selanjutnya disebut UU TPPU).

Lihat juga video 'Tukang AC Korban Mafia Tanah di Jakbar Jalani Sidang Putusan':

[Gambas:Video 20detik]

(ain/zap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT