Pinjam Motor tapi Malah Dibawa Kabur, Pria di Jakut Ditangkap Polisi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 17 Mei 2022 01:12 WIB
Ilustrasi pencurian motor
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Jakarta -

Seorang pria bernama Dede Siyofi diringkus kepolisian dari Polsek Kawasan Sunda Kelapa, Jakarta Utara (Jakut). Dede diketahui sebagai pelaku penggelapan dan/atau penipuan barang berupa sepeda motor.

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa, Kompol Seto Handoko Putra menyebut peristiwa kejahatan yang dilakukan oleh pelaku Dede terjadi pada 24 Oktober 2020 lalu di Blok Empang Muara Angke, Pluit Penjaringan, Jakut. Saat itu, Dede mengaku bernama Ipul modus meminjam sepeda motor milik Guntur Aryadi Noor.

"Namun setelah sepeda motor diserahkan, tersangka tidak kembali dan menghilang. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp 5.445.000, dan melapor ke Polsek Kawasan Sunda Kelapa," kata Seto dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/5/2022).

Seto mengatakan Dede saat meminjam motor korban mengaku akan menjemput temannya di Pelelangan Ikan Muara Angke Jakarta Utara. Tak pikir panjang, korban pun menyerahkan kunci kontak motornya.

"Kemudian Dede Siyofi membawa sepeda motor tersebut, tetapi setelah ditunggu-tunggu ternyata Dede Siyofi tidak datang untuk mengembalikan sepeda motor yang dipinjam," ucapnya.

Lalu, Guntur pun melakukan pencarian terhadap Dede dan sepeda motornya, tetapi tidak hasilnya nihil. Sehingga pada 5 November 2020, Guntur membuat laporan polisi ke Polsek Kawasan Sunda Kelapa.

"Berdasarkan Laporan Polisi tersebut Unit Reskrim Polsek Kawasan Sunda Kelapa melakukan penyelidikan guna mengetahui keberadaan Dede Siyofi dan sepeda motor yang dipinjam," ujar Seto.

Hampir dua tahun berlalu, pada Senin (16/5) sekitar pukul 11.30 WIB, polisi melihat seorang laki-laki yang diduga Dede, pelaku pengelapan sepeda motor. Kemudian polisi pun menghampiri laki-laki tersebut dan menanyakan identitas lelaki tersebut.

"Laki-laki tersebut mengaku bernama Dede Siyofi. Selanjutnya anggota menghubungi korban untuk datang dan mengenali laki-laki tersebut dan ternyata benar laki-laki bernama Dede Siyofi adalah laki-laki yang mengaku bernama Ipul dan meminjam sepeda motor milik Guntur Aryadi Noor dan tidak dikembalikan," katanya.

Dede lalu diinterogasi oleh polisi. Ia mengakui telah meminjam sepeda motor kepada Guntur dan telah dijual kepada seorang laki-laki bernama Heru di daerah Serang, Banten dengan harga Rp 2,5 juta.

"Selanjutnya tersangka Dede Siyofi dibawa ke kantor Polsek Kawasan Sunda Kelapa guna proses lanjut," pungkasnya.

Lihat juga video 'Kakek Asal Garut Nekat Curi Motor untuk Foya-foya dan Main Cewek':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)