Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Pesisir Pantai Pandeglang

Aris Rivaldo - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 23:30 WIB
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi tinggi gelombang yang terjadi di perairan NTB. Diperkirakan tingginya lebih dari 2 meter.
Ilustrasi gelombang air laut (Foto: Harianto/detikcom)
Jakarta -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi peringatan dini terjadinya gelombang tinggi di pesisir Pantai Pandeglang, Banten. BMKG menyebut gelombang tinggi itu mencapai 2,5 meter hingga 4 meter.

"Dalam kategori tinggi terutama yang di selatan Banten. Mulai dari Carita hingga Tanjung Lesung (Selat Sunda bagian Selatan)," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Serang, Tarjono kepada detikcom di Pandeglang, Senin (16/5/22).

"Peringatan dini gelombang tinggi berlaku tanggal 17 Mei pukul 07.00 WIB-19 Mei 2022 pukul 07.00 WIB," tambahnya.

Tarjono mengatakan potensi dini gelombang tinggi sebagai peringatan untuk diantisipasi. BMKG, kata dia, sejak sebelum 14 Mei sudah mengeluarkan prediksi potensi banjir di pesisir karena berkenaan dengan fase bulan purnama.

"Jadi, yang perlu diwaspadai adalah tiga hari sebelum dan sesudah fase bulan purnama. Jadi, fase itulah berpotensi adanya pasang surut air laut bahkan potensi banjir pesisir atau banjir rob," ucapnya.

(fas/fas)