ADVERTISEMENT

Pertemuan Hangat dengan Jokowi Berbuah Elon Musk Siap Kunjungi RI

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 07:56 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi Gedung Stargate SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat. Jokowi berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX ditemani Elon Musk.
Jokowi Berbincang denan Elon Musk (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dan berbincang dengan Elon Musk. Perbincangan hangat ini disebut membuat Elon Musk siap mengunjungi Indonesia.

Pertemuan Jokowi dan Elon Musk ini terjadi saat Jokowi mengunjungi Gedung Stargate SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat. Kunjungan dilakukan pada Sabtu (14/5/2022). Momen kunjungan ini diunggah dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam dipadu sneakers sebagai alas kakinya, didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan.

Jokowi disambut langsung Elon Musk. Jokowi dan rombongan pun langsung masuk ke ruangan.

Jokowi dan Elon Musk tampak berbincang santai. Selanjutnya, Jokowi berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX ditemani Elon Musk.

Elon Musk menjelaskan sisi-sisi roket SpaceX kepada Jokowi. Disebutkan roket tersebut memiliki panjang 50 meter dengan diameter sembilan meter.

"Ini adalah sayap belakang dan kemudian sayap depan berada jauh di atas sana, dan ini memiliki panjang 50 meter dan diameter sembilan meter," kata Elon Musk.

Simak video 'Elon Musk Bertemu Jokowi, Berikut Sederet Hal yang Jadi Sorotan':

[Gambas:Video 20detik]



Elon Musk siap kunjungi Indonesia. Simak halaman selanjutnya.

Jokowi mengatakan kunjungannya kali ini untuk mendiskusikan kerjasama. Beberapa diantara kerjasama terkait investasi dan teknologi.

"Ini menindaklanjuti perintah saya kepada menteri koordinator investasi untuk berbicara dengan Elon, mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi dan sekarang saya ke sini bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerjasama yang akan datang," ujar Jokowi.

Jokowi menilai Elon Musk sangat tertarik datang ke Indonesia. Ia juga mempersilakan Elon Musk untuk berkunjung ke Indonesia.

"Saya kira dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia, tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia," tuturnya.

Ia menyebut telah ditunjukkan proyek SpaceX oleh Elon Musk. Menurut Jokowi, Elon Musk merupakan sosok yang super genius dalam bidang teknologi.

"Saya kira ini tidak hanya berkaitan dengan Tesla tetapi tadi juga ditunjukkan mengenai proyek besarnya mengenai SpaceX, artinya urusan teknologi memang Elon super genius," kata Jokowi.

Pada kesempatan yang sama Elon Musk juga mengaku sangat bersemangat untuk datang ke Indonesia. Elon Musk juga menilai Indonesia memiliki semangat dan potensi yang luar biasa.

"Saya sangat bersemangat tentang masa depan Indonesia, dan warga Indonesia tampaknya sangat optimis dan positif tentang masa depan yang luar biasa. Saya pikir Indonesia memiliki potensi yang luar biasa," kata Elon Musk.

Elon juga menyebut pihaknya akan melakukan kerjasama dengan Indonesia dalam berbagai bidang.

"Saya pikir kami melihat lebih dekat pada kolaborasi potensial di banyak bidang," imbuhnya.

(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT