Longsor-Tiang Listrik Roboh Akibat Hujan Deras di Lebak Selatan

Fathul Rizkoh - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 22:36 WIB
Longsor di Jalan Bayah-Pelabuhan Ratu, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Lebak Selatan, Banten. (Foto: dok. Istimewa)
Foto: Longsor di Jalan Bayah-Pelabuhan Ratu, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Lebak Selatan, Banten. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Hujan deras menyebabkan tanah longsor di jalan Nasional Bayah-Pelabuhan Ratu, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Lebak Selatan, Banten. Akibatnya, satu tiang listrik roboh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan hujan deras terjadi sejak pukul 16.30 WIB dan sekitar pukul 17.00 WIB mulai terjadi longsoran tanah. Longsoran itu berasal dari tebing di pinggir jalan yang mempunyai ketinggian sekitar 100 meter.

"Iya terjadi kembali longsoran tanah di lokasi yang kemarin, jadi tanggal (12/5) juga terjadi longsor. Iya disebabkan oleh hujan deras, jadi tiang listrik di pinggir jalan itu terdorong dan jatuh dengan posisi melintang jalan termasuk kabel-kabelnya," kata Febby kepada detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (15/5/2022).

Menurut Febby, material longsoran tidak sampai menutupi jalan. Hanya saja, tiang listrik yang roboh membuat akses jalan warga sempat terhenti.

"Saat ini aliran listrik di sekitar lokasi di putus dulu, karena kan membahayakan juga," sambungnya.

Hingga saat ini, akses jalan warga sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat. Hanya saja, BPBD mengimbau kepada agar selalu berhati-hati sebab material longsoran belum sepenuhnya dibersihkan.

"Tiang listrik sudah dipindahkan oleh pihak PLN. Untuk material longsoran masih ada tapi di pinggir jalan saja. Maka, kami imbau agar berhati-hati dalam berkendara karena jalan masih licin," pungkasnya.

(dwia/dwia)