ADVERTISEMENT

Viral Aksi Pelemparan Batu ke Bus Pariwisata Bogor, Polisi Buru Pelaku

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 17:26 WIB
pemuda melempar Batu pada musuhnya
Ilustrasi Pelemparan Batu (Edi Wahyono/detikcom)
Bogor -

Sebuah bus pariwisata menjadi sasaran pelemparan batu di Jalan Pemuda, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Minggu (15/5/2022) dinihari. Para pelaku kini diburu polisi.

"Kejadiannya benar (pelemparan batu ke bus pariwisata), ada satu orang sempat kita amankan tetapi bukan dia yang melakukan pelemparan, cuma dia berada di lokasi dan diduga tahu kejadiannya. Keterangannya masih kita dalami. Untuk pelaku sedang sedang kita selidiki," kata Kapolsek Gunung Sindur, Kompol Birman Simanulang ketika dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (15/5/).

Birman mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (15/5/2022) sekitar pukul 03:00 WIB. Saat itu, bus yang mengangkut wisatawan asal Tangerang tengah melintas di Jalan Raya Pemuda menuju lokasi wisata di Garut, Jawa Barat. Di lokasi kejadian, kata Birman, sedang ramai pemuda di pinggir jalan raya.

"Jadi kronologisnya itu diduga ada yang terserempet motornya, di lokasi sedang banyak anak-anak muda, di jalan sekitar itu. Tapi ini masih diselidiki, karena siapa yang diserempet (oleh bus) itu juga belum ketemu siapa korbannya," kata Birman.

Aksi pelemparan kemudian terjadi hingga mengakibatkan kaca samping bus pecah. Penumpang di dalam bus marah, lalu turun dan memukuli dua pemuda di lokasi. Belakangan diketahui, dua pemuda yang dipukuli bukan pelaku pelemparan bus.

"Entah seperti apa, kemudian ada pelemparan batu ke arah kaca samping mobil. Lalu marahlah penumpang di dalam bus. Kemudian keluar, ketemu dua anak muda, tapi dia bukan pelakunya, dikeroyok lah itu 2 orang itu. Akhirnya jadi masalah juga kan itu," terang Birman.

Kedua pemuda yang sempat dikeroyok penumpang dalam bus kemudian dibawa ke rumah sakit untuk pertolongan medis karena mengalami luka. Masalah pemukulan itu disebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan.

"Dua pemuda yang dipukuli itu juga dibawa ke rumah sakit, tapi sudah ditanggungjawabi sama penumpang-penumpang itu, diobatilah ya, sudah diselesaikan juga," sebut Birman.

Saat ini polisi masih menyelidiki kasus pelemparan bus pariwisata tersebut. Polsek Gunung Sindur kini tengah mendalami keterangan seorang pemuda yang sempat diamankan dari lokasi kejadian dan memburu pelaku.

"Semalam itu sempat diamankan 1 orang, tetapi dia bukan pelaku, tapi dia berada di lokasi dan diduga mengetahui kejadian itu, masih kita dalami keterangannya. Di situ kita gali kira-kira siapa pelakunya. Kita masih penyelidikan soal ini," tutup Birman.

Viral di Media Sosial

Rekaman video pascapelemparan batu ke bus pariwisata juga sempat beredar dan viral di media sosial. Video itu juga sempat diunggah oleh salah satu akun media sosial Instagram.

"Terjadi pelemparan bus pariwisata di daerah Pedurenan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/5/2022)," keterangan dalam akun tersebut seperti dilihat detikcom, Minggu (15/5/2022).

Video berdurasi 23 detik itu direkam oleh seseorang di pinggir jalan umum pada malam hari. Di awal rekaman video nampak seorang pria tengah dikerumuni oleh sekelompok orang di samping bus berukuran besar.

Pria yang sebelumnya dikerumuni itu kemudian dipukuli oleh pria yang tadi mengerumuninya. Tidak hanya satu orang, dalam rekaman video itu tampak pria lain memukulinya.

Lihat juga Video: Begal TNI di Jaksel Pura-pura Minta Rokok, Lalu Lempar Batu ke Korban

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT