Besok Taman Margasatwa Ragunan Tetap Buka, Libur Satwa Geser ke Selasa

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 12:06 WIB
Daftar online Ragunan perlu dilakukan sebelum berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Tujuannya agar tidak terjadi lonjakan pengunjung.
Taman Margasatwa Ragunan (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Hari Senin merupakan jadwal libur satwa di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Namun hari itu bertepatan dengan jadwal libur nasional perayaan hari raya Waisak tahun 2022/2566 BE, sehingga Taman Margasatwa Ragunan akan beroperasi seperti biasa.

"Kami perlu ingatkan bahwa besok yang biasanya hari libur satwa, Ragunan tetap buka ya," ujar Staf Layanan Informasi dan Kehumasan Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (15/5/2022).

Sebab, secara aturan, hari libur nasional Ragunan akan tetap dibuka untuk publik. Nantinya, libur satwa akan diundur menjadi hari Selasa (16/5) mendatang.

"Buka. Karena besok merupakan hari libur nasional dan secara aturan memang di saat libur nasional Ragunan tetap buka dan libur satwa akan diundur menjadi hari Selasa," kata Bambang.

Bambang mengingatkan kepada pengunjung untuk tidak datang di hari Selasa. Ini dikarenakan Taman Margasatwa Ragunan akan ditutup untuk publik.

"Iya Selasa tutup," ucapnya.

19 Ribu Orang Kunjungi Ragunan Minggu Pagi

Diketahui, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi saat libur panjang Hari raya Waisak tahun 2022/2566 BE. Tercatat per pukul 10.00 WIB sudah ada 19.111 pengunjung mendatangi Ragunan hari ini.

"Untuk hari ini di posisi pukul 10.00 WIB tercatat sudah ada 19.111 pengunjung. Artinya hari ini pun tetap meriah, kemungkinan besok juga akan tetap meriah," ujar Bambang di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (15/5).

Dia mengatakan peningkatan pengunjung sudah terjadi setiap kemarin pada Sabtu (14/5). Bahkan, pada hari itu Ragunan mencatat total pengunjung mencapai 25.340 orang.

"Peningkatan terjadi dari kemarin ya, sebenarnya rangkaian libur panjang sampai terakhir besok ini pengunjung setiap hari memang selalu di atas normal ya di atas rata-rata," jelas Bambang.

"Ini konteks libur long weekend ini kalau kita bandingkan dengan weekend biasa itu tercatat biasanya 10-15 ribu orang, kita ambil angka tertinggi 15 ribu. Itu meningkat sekitar 75 persen dibanding weekend biasa," sambungnya.

Untuk kunjungan hari ini, pendaftaran pengunjung telah full booked. Namun ini bukan berarti seluruh pendaftar akan datang ke Taman Margasatwa Ragunan.

"Iya karena kan tutup loket 16.00 WIB namun data kita akan kami rekap sampe 17.00 WIB kemungkinan akan nambah terus ya hari ini," ucap Bambang.

Dia mengatakan pengunjung masih didominasi oleh warga Jabodetabek. Hanya sedikit pengunjung yang berasal dari luar Jabodetabek.

"Jabodetabek lebih dominan ya jarang sekali ada yang dari luar Jabodetabek, namun ada beberapa. Tapi itu jarang. Kayak kemarin ada turis dari luar negeri juga ada tapi itu sangat kecil persentasenya," terangnya.

(eva/eva)