Kronologi Pertemuan Jokowi-Elon Musk di SpaceX, Diawali Kunjungan Luhut

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 11:37 WIB
Jokowi bertemu Elon Musk (dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jokowi bertemu dengan Elon Musk. (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan pendiri SpaceX Elon Musk di sela kunjungan kerjanya di Amerika Serikat. Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Pertemuan Luhut dengan Elon Musk itu berlangsung di Texas, Amerika serikat (AS), Senin (25/4/2025). Luhut didampingi oleh CEO & Presiden Direktur Bakrie & Brother Anindya Novyan Bakrie serta Duta Besar Indonesia Untuk AS Rosan Roeslani dan beberapa pengusaha.

Luhut cs Bertemu Elon MuskLuhut cs Bertemu Elon Musk (Foto: dok. Istimewa)

Dalam akun LinkedIn Anindya Novyan Bakrie, ia menyampaikan tujuan pertemuan adalah meyakinkan Tesla untuk penjajakan kerja sama dengan Indonesia terkait penyediaan dan pemrosesan Nikel sebagai bahan baku Battery Cell yang berlandaskan Environment, Social dan Governance (ESG) yang baik dan berkelanjutan.

"Kami juga mendapatkan Tour langka di dalam pabrik mobil dan baterai Tesla. Luar biasa pengaturan Supply Chain nya yang efektif dan rapi di pabrik Tesla!," ujarnya, dikutip Selasa (26/4/2022).

Anindya juga menyampaikan, dalam pertemuan ini, dibahas terkait program G20/B20. Mereka juga mengundang Elon Musk untuk bergabung dalam event International Advisory Caucus B20 dan hadir di acara B20 pada pertengahan November ini.

Luhut Atur Pertemuan Jokowi-Elon Musk

Luhut beberapa waktu lalu sudah menyampaikan pertemuan Jokowi dengan Elon Musk. Luhut saat itu mengaku tengah mengatur pertemuan itu.

"Oh ya ketemu, sekarang lagi kita atur ketemunya maunya di mana jadinya gitu," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (9/5/2022).

Namun Luhut belum memaparkan apa saja yang akan dibahas dalam pertemuan antara Jokowi dan orang terkaya di dunia tersebut. Meski demikian, Luhut menuturkan, saat itu tim Tesla sedang berada di kantornya. Rencananya, tim dari Tesla juga berkunjung ke Morowali.

"Sekarang timnya Tesla ada di kantor saya sedang bicara, tadi makan siang, nanti makan malam. Besok mereka akan ninjau ke lapangan, ninjau ke Morowali ke mana-mana itu," ujarnya.

Jokowi ketemu Elon Musk, simak di halaman berikutnya

Simak Video: Usai Bertemu Jokowi, Elon Musk: Indonesia Punya Potensi Besar

[Gambas:Video 20detik]