Di Depan Komandan Korps Marinir, Jenderal Andika Ungkap Cara TNI Kuat

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 11:16 WIB
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bertemu dengan Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Widodo di kantornya. Andika meminta jajaran di bawah kepemimpinan Widodo menjadikan olahraga sebagai kebutuhan.

"Ya saya titip jajaran Mas Widodo harus bisa jaga diri, saya di angkatan lain sudah mulai waktu itu, olahraga itu kebutuhan," kata Andika dalam keterangannya di kanal YouTube Jenderal TNI Andika Perkasa, Minggu (15/5/2022).

Andika menerangkan, para prajurit seharusnya melakukan olahraga setiap hari dan tidak terpaut dengan jadwal. Kata Andika, olahraga itu harus sudah tertanam di jiwa masing-masing prajurit.

"Jadi tidak ada jadwal, tidak ada namanya jadwal olahraga, apalagi seminggu dua kali. Lakukan saja setiap hari, siang, sore, malam, yang penting itu harus menjadi kebutuhan, kalau itu sudah tertanam, Mas, powerful," ungkapnya.

"Karena apa? Di mana pun dia berada apa pun yang dia lakukan, mau lagi operasi di mana pun dia pasti sempat menjaga diri, nah apa lagi marinir, pasukan khusus, bukan kita harus lebih kuat, bukan, bagi saya kita harus lebih sehat," imbuhnya.

Andika lalu mencontohkan kebugaran yang dimiliki para delegasi US Army yang terlihat saat berkunjung ke Indonesia. Andika menyebut olahraga yang ditekuni para jenderal itulah yang membuat badan mereka menjadi sehat.

"Kemarin Mas lihat sendiri yang kita jamu itu bintang tiga itu Mas yang di depan saya, rombongannya ada bintang dua, lihat badannya tidak, lihat toh, kita tidak usah ngomong, begitu lihat badannya mereka, bintang tiga itu Mas, itu negara maju, sudah sadar, mereka itu kan sudah tidak ada jadwal Mas, dan olahraga itu bukan hanya untuk badan seperti yang jenderal kemarin itu, bukan, itu mah bonusnya aja hadiahnya aja, yang lebih penting sehat, Mas," ujarnya.

Di depan Widodo, Andika menyebut akan ada banyak ekspose latihan-latihan bersama para delegasi US Army. Hal itu dilakukan, kata Andika, agar para prajurit memiliki wawasan terbuka bukan hanya soal latihannya saja, tetapi juga bagaimana interaksinya.

"Mas Widodo, pasti akan nanti saya banyak ekspose latihan-latihan bersama mereka, itu pasti, zaman saya tidak mungkin tidak, karena saya ingin kita terbuka wawasannya bukan soal latihannya, tapi interaksi itulah yang membuka kita," ungkap Andika.

Andika menjelaskan, hubungan persahabatan TNI dan US Army dapat menambah kekuatan. Mantan KSAD ini pun menyebut kekuatan TNI salah satunya terbentuk karena memiliki banyak teman di negara-negara sahabat.

"Ya sekarang Mas Widodo menyaksikan sendiri, ternyata kita bisa kok Mas kalau kita mau berteman dan itu kekuatan kita, gimana caranya supaya kita tetap kuat? Caranya banyak teman hari ini pun kita kuat, karena apa? hari ini pun banyak teman kita Mas, itu lah yang saya lakukan," katanya.

Lihat juga Video: CTARSA Foundation Menyapa Prajurit TNI AL di Pulau Terluar Paling Barat

[Gambas:Video 20detik]



(whn/gbr)