Lalin Macet, One Way Arah Puncak Bogor Diberlakukan

M Solihin - detikNews
Minggu, 15 Mei 2022 10:54 WIB
Lalin di Jalur Puncak Bogor
Lalin di Jalur Puncak, Bogor (Solihin/detikcom)
Bogor -

Satlantas Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Raya Puncak, Bogor, karena volume kendaraan makin padat. Saat ini berlaku sistem satu arah atau one way untuk kendaraan menuju Puncak.

"Update situasi lalu lintas hari ini, Minggu, 15 Mei, arus lalu lintas di Simpang Gadog maupun di Jalan Raya Puncak memang terpantau cukup ramai, di mana hari ini masih dalam suasana long weekend, sehingga kami melakukan penarikan untuk kendaraan arah atas (one way menuju Puncak)," kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata, Minggu (15/5/2022).

"Tadi kita sempat lakukan ganjil-genap, tetapi situasi arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak padat, maka kemudian kita mainkan one way menuju atas (arah Puncak)," tambahnya.

Pantauan detikcom pukul 09.00 WIB, situasi lalu lintas di Jalan Raya Puncak saat ini sedang diberlakukan sistem satu arah atau one way untuk kendaraan menuju Puncak. Sementara kendaraan menuju Jakarta, untuk sementara disetop.

Tingginya volume kendaraan yang mengarah ke kawasan Puncak mengakibatkan antrean kendaraan mengular panjang dari ruas Tol Jagorawi selepas GT Ciawi hingga Simpang Gadog dan bersambung hingga lepas Tanjakan Selarong.

Antrean kendaraan tampak dipenuhi bus angkutan pariwisata berukuran besar dan kendaraan roda empat yang datang dari arah Jakarta via Tol Jagorawi. KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana menyebutkan sistem one way diberlakukan karena volume kendaraan menuju Puncak lebih banyak dibanding kendaraan arah Jakarta.

"Sehingga kita berlakukan one way ke arah Puncak. One way mulai kita berlakukan jam 8:30 WIB itu sudah dimulai, sampai dengan arusnya, situasional ya sampai dengan dimungkinkan rekayasa lalu lintas ini diakhiri," kata Ketut di simpang Gadog.

Lalin di Jalur Puncak BogorLalin di Jalur Puncak, Bogor (Solihin/detikcom)

Volume kendaraan, kata Ketut, hari ini lebih sedikit dibanding pada Sabtu (14/5) pagi. Namun arus kendaraan tetap padat karena masih banyak warga dan wisatawan yang beraktivitas menuju Puncak.

"Dibandingkan dengan kemarin, hari Sabtu kemarin memang lebih padat dibanding sekarang. Kami menghimbau kepada pengendara menuju kawasan Puncak, saat ini bisa melanjutkan perjalanan terutama bagi kendaraan menuju puncak. Namun tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan dan tetap ikuti peraturan berlalu lintas," tutup Ketut.

Simak juga Video: Lalin di Tol Jakarta-Cikampek Padat Merayap

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)