Mengemuka Bursa Nama Pj Gubernur Gantikan Anies Pimpin Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 08:52 WIB
Suasana terkini Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (1/12). Kantor Gubernur DKI Jakarta terpaksa harus tutup pasca Anies Baswedan positif dinyatakan COVID-19 berdasarkan hasil tes usap yang dilakukan Senin (30/11).  Sementara itu gedung utama Balai Kota yang terpisah dari kantor Gubernur Anies Baswedan tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan
Gedung Balai Kota DKI (Pradita Utama/detikcom)

Mendagri Ungkap Kisi-kisi Pj Gubernur DKI

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan kisi-kisi bakal calon Pj Gubernur DKI. Yang terpenting, menurutnya, tidak tersandung sebuah persoalan atau kasus.

"Yang pertama, ada masalah nggak dia atau tidak, kita profiling. Yang kedua, apakah potensi ada kasus atau tidak. Jangan sampai dipilih terus ada masalah," kata Tito kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (12/5).

Mendagri Tito KarnavianMendagri Tito Karnavian (Rakha/detikcom)

Nantinya ada tiga nama calon yang akan diusulkan Tito ke Presiden Jokowi untuk mengisi jabatan tersebut.

"Yang nanti bulan Oktober (pelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta) satu bulan sebelumnya, September sudah ada (tiga) nama kita ajukan ke Bapak Presiden," kata Tito.

Kemendagri juga akan mengajukan tiga nama calon Pj Gubernur Aceh yang akan dilantik pada Juli nanti. Tiga nama itu nantinya juga akan diusulkan ke Jokowi.

"Yang mungkin nanti sudah bulan Juni, kita sudah mulai mendapatkan nama-nama untuk tiga nama diajukan ke Bapak Presiden," ujar Tito.


(eva/isa)