Polisi Siapkan Skema Urai Macet di Sudirman, Lalin GBK Ditutup Situasional

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 07:24 WIB
Vaksinasi massal COVID-19 digelar bagi warga ber-KTP DKI Jakarta hari ini. Salah satu lokasi yang dipilih adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).
Stadion GBK (Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Polisi memastikan tidak ada penutupan lalu lintas di GBK selama pelaksanaan May Day Fiesta berlangsung. Penutupan lalu lintas sifatnya situasional jika terjadi kemacetan.

"Belum ada, GBK tidak kita tutup. Kecuali pada saatnya nanti terjadi stuck baru akan kita adakan pengalihan lalu lintas," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Sambodo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Polisi telah menyiapkan skema untuk mengurai kemacetan. Lalin di Sudirman-Thamrin akan dialihkan apabila terjadi kemacetan di kawasan GBK.

"Kalau misalnya Sudirman-Thamrin padat sekali, nanti yang dari arah Sisingamangaraja kita akan belokan ke Pakubuwono atau nanti ke arah utara bisa melewati Kuningan. Nanti lewat Wijaya, Tendean, nanti langsung ke arah Kuningan," terang Sambodo.

"Kemudian yang dari arah Semanggi, misalnya mereka tidak boleh berbelok ke arah GBK tapi akan kita luruskan ke depan DPR," tambahnya.

Titik Kantong-kantong Parkir di GBK

Ada tiga pintu masuk di GBK yang akan digunakan dalam acara May Day Fiesta besok. Tiga pintu itu mulai dari pintu 10, pintu 7, hingga pintu 5 GBK.

Polisi telah menyiapkan sejumlah kantong parkir untuk massa buruh. Lahan parkir itu digunakan untuk menampung kendaraan pribadi hingga ribuan bus yang membawa buruh dari luar Jabotabek.

"Nanti kita rencanakan untuk buruh yang berasal dari Jawa Barat artinya yang berasal dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, mungkin Bogor, itu akan kita tempatkan di parkir timur. Kemudian untuk buruh yang berasal dari provins DKI Jakarta, buruh Pulogadung dan sekitarnya, itu nanti kita tempatkan di ring road di dalam area GBK," terang Sambodo.

"Sedangkan untuk buruh yang berasal dari Banten, Tangerang Raya dan sekitarnya, kita akan tempatkan di cekungan Asia Afrika. Kemudian untuk yang sepeda motor nanti kita tempatkan di lapangan parkir ABC dan di akuatik. Sedangkan untuk kendaraan pribadi kita akan tempatkan di lapangan parkir Istora," tambahnya.

Kegiatan May Day Fiesta akan diawali dengan aksi di depan gedung DPR pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan May Day Fiesta di GBK pada pukul 13.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Simak Video 'Warga Diminta Hindari Kawasan GBK saat May Day Fiesta':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)