Senyum Lebar Jokowi Sembari Undang Biden ke G20 di Bali

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 21:11 WIB
Potret Jokowi di Samping Biden Bersama Pemimpin Negara ASEAN di AS
Jokowi dan Joe Biden (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Washington D.C -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih, Washington, DC, dalam acara santap malam di sela-sela acara KTT ASEAN-AS. Dalam momen itu, Jokowi juga sempat menyampaikan undangan ke Biden untuk hadir ke acara G20 di Bali.

Dikutip dari rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di Gedung Putih, Washington, DC, pada Kamis (12/5) sekitar pukul 17.20 waktu setempat. Jokowi langsung disambut oleh Biden, yang kemudian bersalaman, berfoto bersama, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

"Looking forward to a stronger ASEAN-US relationship. See you in Bali for G20," tulis Jokowi di buku tamu kenegaraan.

Tampak dalam foto yang diterima detikcom, Jokowi dan Biden tersenyum lebar kala keduanya bersalaman. Jokowi juga sempat melakukan sesi foto menghadap Monumen Nasional bersama para pemimpin negara-negara ASEAN sebelum menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan santap malam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam acara jamuan santap malam di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022) malam waktu setempat atau Jumat (13/5/2022) pagi waktu Indonesia.Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam acara jamuan santap malam di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022) malam waktu setempat atau Jumat (13/5/2022) pagi waktu Indonesia. (Foto: Dok. BPMI Setpres)

Dalam jamuan santap malam itu, Jokowi mendapatkan kehormatan untuk membalas toast Presiden Biden. Dalam statement pengantar toast, Jokowi menyebut KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif.

"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian, dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," ujar Jokowi seperti dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022).

Jokowi turut didampingi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Jamuan tersebut pun selesai sekitar pukul 20.00 waktu setempat.

Simak selengkapnya Menlu Retno Marsudi jelaskan momen Jokowi bertemu Biden di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Bumi Diprediksi Makin Panas hingga 5 Tahun ke Depan

[Gambas:Video 20detik]