Pemprov DKI Bakal Fasilitasi Atlet Sepatu Roda Berlatih di Jalan Raya

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 21:08 WIB
ilustrasi
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal memfasilitasi latihan atlet sepatu roda di jalan raya. Jadi, atlet sepatu roda tidak hanya berlatih di Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA).

"Ya pemprov bakal mendukung, memfasilitasi, membantu agar semua cabor yang ada termasuk sepatu roda, skateboard, dan lain-lain agar dapat dukungan sebaik mungkin, termasuk membantu menyiapkan sarana dan fasilitas semua ya," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di kantor Balai Kota DKI, Jumat (13/5/2022).

Dia mengatakan Jakarta beruntung memiliki para atlet sepatu roda yang berprestasi. Jadi, sedang diupayakan adanya lintasan di jalan atau road track.

"Emang (JIRTA) sudah berkelas internasional juga, cuma nanti itu yang apa namanya model track atau roller track yang nanti akan sedang disiapkan ke depannya yang memang belum yang road track ada juga," ucapnya.

Riza juga menyampaikan permintaan maaf karena atlet beberapa waktu lalu yang berlatih di jalan raya. Karena itu, pemerintah akan memfasilitasi jika ada atlet sepatu roda yang berlatih di jalan raya.

"Sampaikan permohonan maaf, kemarin temen-temen sempet mencoba mempersiapkan diri latihan tapi dilakukan di jalan raya. Ke depan, nanti kita perlu tingkatkan kembali, sementara belum ada tempat yang memenuhi syarat role track yang belum ada di Indonesia," ucapnya.

"Paling tidak ke depan menggunakan jalan raya nanti harus dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan dan Kodam akan dicarikan tempat yang sesuai dengan syaratnya dan yang tidak mengambil kepentingan serta dikawal kepolisian atau Dishub, sehingga teman-teman yang ingin melakukan latihan atau pertandingan," sambung Riza.

Menurut Riza, atlet sepatu roda wajar berlatih di jalan raya. Namun, perlu pengamanan dan pengawalan khusus sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lain.

"Ya kalau memang bicara olahraga roller track seperti ini memang dilakukan di jalan raya. Memang seperti itu, di banyak negara seperti itu. Cuma nanti ke depan, supaya tidak mengganggu pengguna jalan lainnya dan juga tidak membahayakan bagi aktivitas sendiri atlet kita yang berprestasi ini ya nanti harus dikoordinasikan, dijaga, dikawal oleh pihak kepolisian, ke depannya begitu," sambungnya.

(ain/aik)