Dishub Akan Pasang CCTV di Terminal Bekasi Antisipasi Calo

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 19:11 WIB
Ratusan pemudik terlihat menumpuk menunggu bus di Terminal Bekasi, Bekasi Timur, Kota Bekasi. Pemudik menumpuk bahkan ada yang menginap karena bus datang terlambat imbas macet one way di tol.
Terminal Bekasi (Fakhri Fadlurrohman/detikcom)
Bekasi - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi akan mewajibkan para petugas perusahaan otobus (PO) mengantisipasi calo di Terminal Bekasi. Salah satunya dengan memasang CCTV.

"Tadi dalam pertemuan ini, jadi biar jelas karyawan PO itu siapa saja, ada kartu anggota dan seragam lengkap, bilamana ada hal-hal yang mereka lakukan, mudah untuk kita menindaklanjutinya," ucap Plt Kasi Bina Terminal Bidang Angkutan Dishub Kota Bekasi Andarias Sora kepada awak media pada Jumat (13/5/2022).

Sora menambahkan pihaknya akan memasang CCTV di area Terminal Bekasi untuk mengantisipasi peredaran calo tiket. Para petugas di Terminal Bekasi pun akan dievaluasi.

"Kita akan melengkapi CCTV di pintu masuk terminal, pintu keluar, serta di beberapa titik lainnya agar tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan, dapat terlihat di CCTV. Selain itu, petugas SDM di Terminal Induk Kota Bekasi akan diperbaiki dan dievaluasi," ucapnya.

Pemasangan itu, kata Sora, akan dilakukan pada triwulan kedua tahun ini. Selain CCTV, bangunan dan fasilitas di Terminal Bekasi akan direhabilitasi untuk kenyamanan para penumpang.

"Nanti insyaallah pada triwulan kedua ini, termasuk rehabilitasi gedung, rehabilitasi papan jurusan, semua yang ada di terminal akan diperbaiki," imbuhnya.

3 Calo Bus Ditangkap

Sebelumnya diberitakan, polisi menangkap tiga calo tiket bus di Terminal Bekasi. Ketiganya sempat viral lantaran memaksa dan mengancam seorang calon penumpang.

"Dilakukan pemeriksaan di lapangan terhadap orang-orang yang dicurigai sebagai calo angkutan umum dan berhasil mengamankan tiga orang: PS (47), MM (56), dan TH (47)," ujar Kapolsek Bekasi Timur Kompol Rusit Malaka dalam keterangannya, Kamis (12/5).

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti puluhan bundel tiket yang belum terjual. (isa/isa)