Bendera RI Tertukar di Tayangan SEA Games, TV Singapura Minta Maaf

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 18:47 WIB
Ilustrasi bendera Indonesia
Ilustrasi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Tayangan stasiun TV Singapura, Channel News Asia (CNA), berisi klasemen perolehan medali SEA Games sempat bikin heboh. Nama dan bendera negara-negara peserta SEA Games tertukar, termasuk bendera Indonesia.

Dikutip dari The Star, Jumat (13/5/2022), kesalahan ini muncul saat tayangan program Asia First pada Kamis (12/5) pagi. Dalam tayangan itu, Channel News Asia menampilkan perolehan medali SEA Games dari 11 negara.

Namun, ada kesalahan teknis yang mengakibatkan nama negara tidak sesuai dengan bendera yang ditampilkan. Dari gambar yang beredar, terlihat nama Indonesia justru bersanding dengan bendera Thailand. Kesalahan juga terjadi untuk negara lain. Nama Malaysia dipasangkan dengan bendera Vietnam, sementara nama Singapura ada di sebelah bendera Malaysia.

Screenshot kesalahan tayangan klasemen SEA GamesScreenshot kesalahan tayangan klasemen SEA Games (Foto: Screenshot / The Star)
0

Channel News Asia lalu meminta maaf atas kesalahan tersebut. Lewat postingan Facebook, mereka mengatakan kesalahan itu sempat muncul selama 25 detik.

"Kami membuat kesalahan dalam tabel penghitungan medali SEA Games yang kami tayangkan saat Asia First di CNA sekitar pukul 07.50. Nama negara-negara yang berpartisipasi di SEA Games dan benderanya tertukar," demikian keterangan CNA.

CNA menyatakan kesalahan itu langsung diperbaiki. CNA juga menyampaikan permintaan maaf secara on-air.

"Kami benar-benar menyesalkan kejadian ini. Ini jauh dari standar profesional kami sendiri dan kami menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada pemirsa kami," tambah CNA.

Perolehan Medali Indonesia di SEA Games

Dilansir dari berbagai sumber, per 13 Mei 2022 pukul 15.00 WIB, kontingen Indonesia sudah mengoleksi lima emas di SEA Games 2021. Itu membuat Indonesia berada di bawah Malaysia (11 emas) dan Vietnam (15 emas).

Klasemen medali SEA Games 2021 untuk sementara


1. Vietnam (15 emas, 9 perak, 15 perunggu)
2. Malaysia (11 emas, 4 perak, 6 perunggu)
3. Indonesia (5 emas, 8 perak, 2 perunggu)
4. Filipina (1 emas, 6 perak, 8 perunggu)
5. Singapura (1 emas, 5 perak, 5 perunggu)
6. Thailand (1 emas, 2 perak, 12 perunggu)
7. Myanmar (1 emas, 2 perunggu)
8. Brunei Darussalam (1 perak, 1 perunggu)
9. Kamboja (2 perunggu)
10. Laos (2 perunggu)
11. Timor Leste (0)



Simak Video "PBESI Yakin Esports RI Raih 6 Medali Emas di SEA Games"
[Gambas:Video 20detik]
(imk/fjp)