Hutama Karya Ikutsertakan Mitra Binaan ke Pameran UMKM

Hanifa Widyas - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 18:26 WIB
Hutama Karya
Foto: dok. Hutama Karya
Jakarta -

PT Hutama Karya mengikutsertakan salah satu perwakilan mitra binaannya, yakni KINNI Store, pada Pameran UMKM. Hal ini termasuk dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJLS) yang berfokus pada Pengembangan UMK.

Keikutsertaan KINNI Store pada pameran dalam agenda 'Dialog Bersama Menteri BUMN & Launching Implementasi Respectful Workplace Policy' yang diselenggarakan oleh Srikandi BUMN Indonesia pada Kamis (21/4) di Auditorium Telkom Landmark Tower, Jakarta Selatan.

"Ini merupakan langkah awal yang dihadirkan Hutama Karya kepada Mitra UMK Binaan pascapandemi COVID-19. Kami terus berupaya meningkatkan kegiatan pendampingan bagi UMK Binaan agar para pelaku UMK dapat tumbuh menjadi tangguh, kuat, hingga go global," imbuh Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangan tertulis, Jumat (13/05/2022).

KINNI Store merupakan UKM yang telah dibina oleh PT Hutama Karya sejak tahun 2020. Mereka memproduksi kain Sasirangan dan suvenir khas adat Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Dalam proses produksi kain, KINNI Store memberdayakan perempuan di sekitar workshop.

Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi booth KINNI Store dalam pameran UMKM tersebut. Ia juga mengapresiasi produk yang dipajang oleh KINNI Store. Tidak hanya dikunjungi oleh Menteri BUMN, booth KINNI Store juga ramai diserbu oleh pengunjung pameran.

Sebelum mengikutsertakan salah satu mitra kerja binaannya ke pameran UMKM, PT Hutama Karya juga pernah mengadakan pelatihan K3 dan gathering yang diselenggarakan pada Kamis (31/03) lalu. Pelatihan ini diadakan untuk mengawali Program Sertifikasi Mitra Kerja perusahaan, yaitu subkon atau mandor terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

"Ini menjadi terobosan baru yang menghadirkan kolaborasi antara Unit TJSL Hutama Karya dengan berbagai divisi dalam rangka memberdayakan mitra kerja perusahaan. Melalui kegiatan ini juga membuktikan komitmen Hutama Karya dalam pengembangan UMK dan Budaya K3 di lingkungan perusahaan," terang Tjahjo.

TJLS juga mengoptimalkan programnya untuk masyarakat, khususnya pada Bulan Ramadan lalu. Pada momen tersebut, PT Hutama Karya telah menyalurkan ribuan paket sembako gratis kepada masyarakat tidak mampu, lansia, yatim dan piatu, serta kelompok disabilitas ke sekitar lingkungan bisnis perusahaan di wilayah Jabodetabek.

Tjahjo menyebutkan 5 Kg beras premium, 1 Kg gula pasir, satu liter minyak goreng, satu dus mie instan, 1 Kg tepung terigu, dan satu botol sirup diberikan sebagai paket sembako gratis untuk masyarakat.

"Paket sembako diserahkan ke beberapa lokasi yakni Yayasan As-Salam Joglo, Jakarta Barat dan Yayasan Difabel Agape Ministry, Jakarta Timur oleh Milenial HK dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Kami harap paket sembako ini dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat hingga menjelang hari raya Idul Fitri kemarin," imbuh Tjahjo.

Selama Bulan Ramadan, PT Hutama Karya juga aktif berpartisipasi dalam Gerakan Bersih Ramadhan. Kegiatan tersebut diinisasi oleh Kementerian BUMN lewat penyelenggaraan Pasar Murah di wilayah Jabodetabek.

Dalam Pasar Murah itu, paket sembako berisi satu liter minyak goreng, lima kilogram beras premium, dan satu kilogram gula dengan harga yang jauh lebih murah dan terjangkau dari harga pasar disediakan oleh perusahaan.

"Semoga ke depannya kami dapat terus konsisten dalam upaya menghubungkan kebaikan terhadap sesama lewat berbagai program TJSL perusahaan," tutup Tjahjo Purnomo.

(prf/ega)