Tanggal 17 Mei Diperingati Sebagai Hari Apa? Cek Selengkapnya di Sini

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 17:29 WIB
Tanggal 17 Mei diperingati sebagai hari apa? Ada dua hari besar nasional di tanggal itu, yakni Hari Buku Nasional dan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI.
Tanggal 17 Mei Diperingati Sebagai Hari Apa? Harbuknas dan HUT Perpusnas RI (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Tanggal 17 Mei diperingati sebagai hari apa? Ada dua hari besar nasional yang jatuh pada 17 Mei 2022, yakni Hari Buku Nasional dan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI.

Lantas, bagaimana sejarah dari kedua peringatan hari besar tersebut? Berikut informasi selengkapnya yang telah dirangkum oleh detikcom.

Tanggal 17 Mei Diperingati Sebagai Hari Apa? Hari Buku Nasional

Melansir dari situs Kemdikbud, Hari Buku Nasional digagas oleh Menteri Pendidikan Nasional era Kabinet Gotong Royong, yakni Abdul Malik Fadjar. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah.

Hasil survei yang dilakukan dalam Program for International Student Assessment (PISA) menunjukkan, peringkat kemampuan literasi peserta didik Indonesia masih jauh tertinggal dari negara-negara lainnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk kita rajin membaca buku sejak dini.

Melalui peringatan Hari Buku Nasional, diharapkan tingkat kepedulian untuk membaca buku semakin besar. Dengan membaca buku, kita jadi semakin kaya akan pengetahuan dan informasi dari seluruh dunia.

Tanggal 17 Mei Diperingati Sebagai Hari Apa? HUT Perpustakaan Nasional RI

Selain Hari Buku Nasional, tanggal 17 Mei juga diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Perpustakaan Nasional RI. Melansir dari situs Perpusnas, tema untuk HUT Perpusnas ke-42 tahun ini adalah Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional.

Peringatan hari jadi Perpusnas ke-42 tahun mengajak para tokoh nasional untuk membahas upaya menghadirkan bahan bacaan yang berkualitas bagi mayarakat. Perpustakaan dituntut untuk tetap dapat memberikan pelayanan pengetahuan dalam format digital seiring dengan kemajuan teknologi.

  • Kegiatan hari jadi Perpusnas akan berlangsung pada tanggal 17-30 Mei 2022. Rangkaian acaranya terdiri dari:
  • Peluncuran 12 (dua belas) inovasi layanan digital Perpusnas
  • Pameran koleksi unggulan
  • Kelas virtual
  • Kegiatan webinar tematik
  • Talkshow.

Tanggal 17 Mei diperingati sebagai hari apa sudah diketahui. Simak di halaman selanjutnya tentang manfaat membaca buku.