Wagub DKI: JIS Tak Boleh Digunakan untuk Kepentingan Politik!

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 10:27 WIB
PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan stadion tersebut telah mencapai 98%.
Foto: JIS (Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menegaskan penggunaan Jakarta International Stadium (JIS) tidak diperbolehkan untuk kepentingan politik. Dia menyebut JIS harus digunakan untuk kepentingan bersama.

"JIS itu digunakan bersama untuk olahraga kepentingan seni budaya bahkan kepentingan agama. JIS tidak boleh digunakan untuk kepentingan politik," ujar Riza kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Hal itu dia katakan merespons permintaan Serikat Buruh yang hendak melakukan May Day Fiesta di JIS dan sempat ditolak Pemprov DKI Jakarta. Namun, secara terpisah Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea menyampaikan buruh diizinkan menggelar May Day Fiesta untuk memperingati hari buruh di Jakarta International Stadium (JIS).

Meski telah mendapat izin di JIS, gelaran May Day Fiesta tetap akan dilaksanakan di Gelora Bung Karno (GBK).

"Kami menganggap GBK di titik tengah, tidak ada alasan politis apa pun. JIS, saya tegaskan, akhirnya kemarin diizinkan. Tapi kami tetap memutuskan memilih GBK untuk May Day Fiesta 2022. Di JIS kami pastikan tadinya diizinkan tapi kami lebih memilih GBK," kata Andi Gani di Patung Kuda, Jakarta, Kamis (12/5).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom) Foto: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Karin Nur Secha/detikcom)

Andi menuturkan kapasitas GBK lebih besar jika dibandingkan JIS. Dia memastikan penerapan protokol kesehatan akan dilakukan dengan ketat.

"Kapasitasnya lebih besar karena 65 ribu massa buruh, kami juga membatasi setiap bangku, diberi jarak satu bangku satu bangku untuk physical distancing untuk prokes yang ketat," katanya.

Andi mengatakan hari ini akan digelar geladi resik di GBK. Dia menyebut perayaan tersebut akan digelar pada 14 Mei 2022 pukul 12.00-17.00 WIB.

"Hari Sabtu sudah ditetapkan di GBK, sore ini jam 19.00 malam saya dan Said Iqbal akan melakukan gladi resik dengan 65 ribu buruh. (Acara) dimulai jam 12 siang sampai jam 17.00 WIB di GBK," katanya.

Lihat juga video 'Tak Diizinkan Pakai JIS di Hari Buruh, Said Iqbal Sindir Anies':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/maa)