ADVERTISEMENT

5 Fakta Hepatitis Misterius Sasar Bocah hingga Orang Dewasa di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 06:30 WIB
HEPATITIS written on a wooden block near a stethoscope, syringe and pills on a blue background. Medical concept
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)

DKI Temukan 24 Kasus Baru

Pemprov DKI Jakarta kembali menemukan kasus diduga penyakit hepatitis yang menyerang anak-anak. Tercatat hari ini sudah ada 24 kasus.

"Memang ada lagi 24 kasus kategori hepatitis yang umum biasa gejala. Namun masih dalam bentuk gejala," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Kantor Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Politikus Gerindra ini menegaskan bahwa temuan 24 kasus baru ini berbeda dengan 21 kasus sebelumnya.

Riza mengatakan DKI Jakarta sudah dua tahun melalui pandemi COVID dan saat ini tengah menghadapi kasus diduga hepatitis akut. Sampai sekarang, penyebab penyakit tersebut masih belum diketahui secara pasti.

"Yang 24 tadi masih kategori anak-anak ini masih gejala. Nah sekali lagi yang paling penting selain kami tentu Pemprov, Dinkes, dan dinas terkait lakukan pemberitahuan sosialisasi, surat edaran melalui media medsos dan sebagainya," kata Riza.

Larang Anak-anak Main di Tempat Umum

Riza juga meminta para orang tua mencegah anak-anak bermain di tempat umum untuk sementara ini. Hal ini bertujuan mencegah penyebaran hepatitis akut misterius pada anak-anak.

"Terkait dengan hepatitis akut ini kita minta khususnya anak-anak yang mudah terjangkit untuk ditunda dulu bermain di tempat-tempat umum, seperti kolam renang bersama," ujar Riza (11/5).

"Tempat-tempat atau benda-benda yang digunakan bersama itu tolong dihindari, termasuk makan ke tempat makan bersama juga dihindari," imbuhnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT