5 Fakta Hepatitis Misterius Sasar Bocah hingga Orang Dewasa di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 06:30 WIB
HEPATITIS written on a wooden block near a stethoscope, syringe and pills on a blue background. Medical concept
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)
Jakarta -

Kasus dugaan hepatitis misterius dilaporkan ditemukan di DKI Jakarta. Hepatitis misterius ini menyasar bocah hingga orang dewasa.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan terdapat beberapa pasien diduga hepatitis misterius yang merupakan anak usia di bawah 16 tahun. Namun ada pula pasien yang berusia di atas 16 tahun.

Sasar Anak-anak dan Dewasa

Pemprov DKI Jakarta mencatat 21 orang diduga terjangkit hepatitis akut misterius. Terdapat 14 pasien yang merupakan anak usia di bawah 16 tahun.

"Dari 21 kasus, 14 orang termasuk tiga yang meninggal berusia kurang dari 16 tahun," ujar Riza Patria kepada wartawan, Kamis (12/5/2022).

Sementara itu, tujuh orang lainnya berusia di atas 16 tahun. Riza menyebut 14 orang lainnya yang berusia di bawah 16 tahun masih dalam proses pemeriksaan hepatitis.

"Belum semua lengkap jenis pemeriksaan hepatitis A-E sehingga semua kasus masih berstatus 'pending classification'," jelas Riza.

Proses Penyelidikan Epidemiologi

Kini, 21 kasus tersebut sedang dalam proses penyelidikan epidemiologi.

"Seperti yang disampaikan kemarin, data sementara ada 21 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Namun ini masih dalam proses penyelidikan epidemiologi," ujar Riza Patria, Rabu (11/5).

Riza mengatakan 21 orang itu termasuk tiga orang yang meninggal. Dia berharap tidak ada lagi korban kasus hepatitis tersebut.

Riza mewanti-wanti supaya masyarakat tidak abai terhadap protokol kesehatan (prokes) untuk memutus mata rantai penularan.

Simak video 'Cegah Penularan Hepatitis Akut Lewat PHBS-Perhatikan Konsumsi Makanan':

[Gambas:Video 20detik]



DKI temukan 24 kasus baru hepatitis misterius pada anak-anak. Simak halaman selanjutnya.