Hadiri Peringatan Tragedi Trisakti, Erick Thohir Bicara Jangan Lupakan Sejarah

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Kamis, 12 Mei 2022 20:12 WIB
Erick Thohir hadiri peringatan Tragedi Trisakti
Erick Thohir hadiri peringatan Tragedi Trisakti (Rizky/detikcom)
Jakarta -

Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir menghadiri acara bertajuk 'Halalbihalal & Peringatan 12 Mei Tragedi Trisakti Aktivis 98 Keluarga Pejuang Reformasi' yang digelar di Puri Ratna Grand Sahid Jaya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, dia menyinggung soal tidak melupakan sejarah.

"Negara yang besar adalah negara yang tidak pernah melupakan sejarahnya. Sama juga kalau kita lihat ke depan, Indonesia maju tidak mungkin didasari tanpa kebudayaan gotong-royong yang kita miliki," kata Erick saat menyampaikan sambutannya, Kamis (12/5/2022).

Erick mengatakan pemerintah selalu hadir dalam isu kemanusiaan. Termasuk BUMN, yang merupakan bagian dari pemerintah.

"Contoh misalnya ketika ada gempa bumi banjir karena itu kemanusiaan, BUMN sebagai Satgas hadir," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, keluarga korban meninggal dalam Tragedi Trisakti. Salah satunya adalah Lasmiati Syahrir, orang tua salah satu korban yaitu Heri Hartanto.

"Saya berterima kasih sama Pak Jokowi. Paling tidak pemerintah sudah mengakui perjuangan anak kita kan. Walau berapa miliar-triliun tak akan terganti dengan nyawa anak kita kan," tutur Lasmiati.

"Paling tidak pemerintah tuh udah ada pengakuan perjuangan anak kita. Jadi dia memberikan tali kasih," lanjutnya.

Dalam acara itu, keluarga korban diberikan santunan rumah oleh pemerintah. Lasmiati sendiri diberikan rumah gratis di kawasan Grand Mekarsari.

Lasmiati turut bercerita detik-detik saat dia mengetahui anaknya meninggal dunia. Saat itu, selepas magrib, teman anaknya datang ke rumah.

"Tiba-tiba temannya almarhum ketuk-ketuk pintu, katanya 'Bu si Heri katanya ada di RS'. Saya berpikirnya dia itu karena bawa mobil kenceng-kenceng takutnya dia ada kecelakaan di tol," tuturnya.

Simak berita selengkapnya pada halaman berikut.

Saksikan juga 'Dijanjikan Bertemu Moeldoko, Massa Mahasiswa Trisakti Bubar':

[Gambas:Video 20detik]