Warga Mendoyo Bali Meninggal Diduga Akibat Gigitan Anjing Rabies

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 22:37 WIB
Vaksinasi Rabies Gratis Untuk Hewan Peliharaan 

Paramedis dari pusat kesehatan hewan (Puskeswan) Dinas Ketahanan, Pertanian, dan Perikanan Kota Adm. Jakarta Selatan menyuntikkan vaksin anti rabies secara gratis di kawasan Tebet, Jakarta, Sabtu (31/10/2020). Pemberian Vaksin Rabies gratis tersebut untuk menghindari dan mengantisipasi penyebaran penyakit rabies kepada hewan peliharaan. Lebih dari 100 hewan di vaksin anti rabies. Hewan yang divaksin antara lain kucing, musang, dan anjing. Tahun 2020 ini target Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian dalam pencapaian vaksinasi rabies ini sebanyak 6.500 ekor, dan sudah mencapai 70 persen. Agung Pambudhy/Detikcom.
Ilustrasi Anjing Disuntik Rabies (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Warga Banjar Petapan Kelod, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo, Jembrana, I Nyoman Suwena (65), meninggal dunia setelah digigit anjing diduga positif rabies. Suwena digigit anjing di bagian telapak tangannya.

Dilansir detikBali, anak korban, Ketut Darma Semadi mengatakan sebelum meninggal dunia, ayahnya sempat digigit anjing sekitar 4 bulan yang lalu. Korban juga sempat dirawat di rumah sakit.

Sebelum meninggal korban mengalami gejala mirip dengan gejala pasien terinfeksi rabies. Semadi mengatakan ayahnya telat mendapat perawatan di rumah sakit sebab sebelumnya korban enggan diajak ke rumah sakit.

"Sudah saya ajak, tetapi bapak (korban Nyoman Suwena) tidak mau," kata Darma Semadi, Rabu (11/5/2022).

Sementara itu, istri korban mengatakan saat itu suaminya sedang bermain dengan anjing menggunakan kantong plastik yang dikibas-kibaskan pada kepala anjing, dengan maksud anjing itu bermain sambil menggigit plastik tersebut.

Namun korban saat mengibaskan plastik terlambat untuk menarik tangannya, sehingga tangan korban kena gigit pada bagian telapak tangan kanan.

"Plastik nike anggon mecando ajak cicing cenik, panak tyang maan ngidih (plastik itu dipakai bercanda sama anjing kecil, anak saya dapat minta)," ujar istri korban.

Simak berita lengkapnya di sini

(zap/idn)