Bule Aktor Netflix yang Joget Bugil di Gunung Batur Bali Dideportasi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 22:12 WIB
Jeffrey Craigen , bule kanada yang menari telanjang di Gunung Batur.
Jeffrey Douglas Craigen (Dok. Kanwil Hukum dan HAM Bali)
Jakarta -

Jeffrey Douglas Craigen, warga negara Kanada, yang menari telanjang di Gunung Batur, Bali, akhirnya dideportasi. Jeffrey dideportasi setelah ditahan selama 14 hari.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan Jeffrey dideportasi karena terbukti melanggar Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Pejabat imigrasi berwenang melakukan tindakan administratif keimigrasian terhadap orang asing yang berada di wilayah Indonesia yang melakukan kegiatan berbahaya dan patut diduga membahayakan keamanan dan ketertiban umum atau tidak menghormati atau tidak menaati peraturan perundang-undangan," kata Jamaruli dilansir detikBali, Rabu (11/5/2022).

Kepala Rudenim Denpasar Babay Baenullah mengatakan deportasi terhadap Jeffrey Douglas Craigen dilakukan setelah pendetensian dan dokumen administrasi, termasuk tiket penerbangan telah siap. Sebelum dideportasi, warga Kanada itu menjalani tes PCR dengan hasil negatif sehingga diperbolehkan bergabung dalam penerbangan sesuai dengan jadwal.

Pendeportasian terhadap Jeffrey Douglas Craigen dikawal oleh tiga orang petugas Rudenim Denpasar. Ia diberangkatkan melalui Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Selasa (10/5), sekitar pukul 20.35 Wita, dengan maskapai KLM Royal Dutch Airlines nomor penerbangan KL0836 tujuan Amsterdam Belanda.

Keesokan harinya ia kembali melakukan terbang dengan nomor penerbangan KL0677 pemberangkatan pukul 12.35 waktu setempat tujuan Calgary, Kanada.

Seperti diketahui, Jeffrey adalah aktor Netflix. Jefrey disebut kerap mengisi suara di film animasi dan membintangi iklan komersil.

"Bahwa yang bersangkutan memenuhi kebutuhan sehari-hari dari bekerja di Kanada sebagai aktor di kanal Netflix, pengisi suara di film animasi, dan membintangi iklan komersil, serta penyembuhan secara psikologis secara online," kata Jamaruli dalam konferensi pers di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Denpasar, Senin (25/4).

Simak berita lengkapnya di sini

(zap/idn)