Sampah di Kota Bekasi Meningkat 10% Pasca-Lebaran 2022

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 19:59 WIB
Ilustrasi sampah di pantai
Ilustrasi Sampah (Getty Images/iStockphoto/Inside Creative House)
Bekasi -

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Yayan Yuliana mengungkapkan ada kenaikan jumlah sampah di Kota Bekasi sebelum dan sesudah Lebaran 2022. Menurutnya, kenaikan sampah diperkirakan hingga 10 persen.

"Secara umum peningkatan sampah sebelum lebaran dan setelah Lebaran kita masih kisaran 10 persen," tutur Yayan kepada awak media pada Rabu (11/5/2022).

Yayan menyebutkan Kota Bekasi normalnya per hari memproduksi sampah hingga 8.000 ton. Kenaikan yang signifikan, kata Yayan, terlihat saat sebelum Lebaran.

"Kalau H-5 atau H-7 sudah ada peningkatan, justru setelah Lebaran kami melihat ke lapangan peningkatan lebih dari di bawah 10 persen, tidak terlalu banyak mungkin beberapa warga masih ada di kampung," ucapnya.

Menurut Yayan, kenaikan 10 persen masih dalam angka yang wajar. Para petugas pun sudah dibagi sif untuk melakukan pembersihan.

"Kalau petugas tidak ada piket, ya, tidak ada yang lembur tapi berjalan seperti biasa. Kita bagi sif, kita sudah bagi petugas-petugas di lapangan yang sudah standby di titik tertentu sudah kami perintahkan, ada peningkatan tapi tidak terlalu signifikan hanya 10 persen hal yang masih wajar," ujarnya.

Selain itu, Yayan berencana menambah mobil pengangkut sampah pada tahun ini. Menurutnya, ada beberapa mobil pengangkut sampah yang sudah tidak layak.

"Kalau armada mudah-mudahan tahun ini ada tambahan mengganti armada-armada yang sudah rusak, memang betul ada beberapa armada yang sudah tidak layak, terutama gerobak-gerobaknya sudah keropos, nah ini yang kita ganti," imbuhnya.

Simak juga 'Penampakan Gunungan Sampah di Jogja Kala TPST Piyungan Diblokade':

[Gambas:Video 20detik]

(maa/maa)