Ketua PBNU Maklumi Deddy Corbuzier soal Konten LGBT: Dia Masih Mualaf

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 13:58 WIB
Ketua Ikatan Gus-gus Indonesia (IGGI) Ahmad Fahrur Rozi
Gus Fahrur (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi (Gus Fahrur) mengapresiasi langkah Deddy Corbuzier meminta maaf dan menghapus konten YouTube terkait isu lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) yang menuai polemik. Gus Fahrur memaklumi kekhilafan Deddy karena masih mualaf.

"Dia telah minta maaf, ini patut diapresiasi sebagai langkah positif dan kesatria. Sebagai manusia biasa, mungkin dia khilaf atau belum mengerti tentang hukum Islam terhadap LGBT, ini harus dimaklumi karena dia masih mualaf," kata Gus Fahrur dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (11/5/2022).

Gus Fahrur mendukung Deddy terus berkreasi dan mencerahkan masyarakat. Menurut dia, satu kesalahan tidak harus menghapus seribu kebaikan sebelumnya.

"Semoga ke depannya dia semakin berhati hati dalam berkarya dan terus berkembang dengan konten yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar Gus Fahrur.

"Dia seorang mentalis yang hebat, kritis, dan kreatif," sambung dia.

Sebelumnya, Dedy Corbuzier di kanal YouTubenya sempat menampilkan pasangan gay, Ragil Mahardika-Frederik Vollert. Sejurus kemudian, warganet membahasnya. Polemik muncul. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis mengkritik dengan menyatakan LGBT adalah ketidaknormalan dan harus diobati. Islam melarang LGBT. LGBT harus diamputasi, bukan ditoleransi.

Deddy kemudian memutuskan menghapus videonya. Dia kemudian meminta maaf. Dia menegaskan tidak mendukung LGBT tapi hanya melihat LGBT sebagai manusia.

"Seperti biasa, ketika gaduh di socmed... Saya minta maaf. Kebetulan masih dalam suasana bulan Syawal," tulisnya di Instagram.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate bersuara pula. Dia mengimbau ruang digital dijaga agar tetap bersih, baik, dan bermanfaat.

"Jangan sampai, saya ingatkan, karena keteledoran kita lupa memperhatikan aturan perundang-undangan, apalagi yang berkaitan nilai kultural dan religius kita," kata Johnny di kantornya.

Simak Video: Ketua Komisi VIII DPR: Deddy Corbuzier Bikin Konten Gay Demi Follower

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)