Viral Puskesmas Kosong Bikin Ibu-Bayi Meninggal, Pemkab Paluta Ungkap Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 13:05 WIB
Tangkapan layar video viral ambulans di Puskesmas Paluta
Tangkapan layar video viral ambulans di puskesmas Paluta (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Video menampilkan kondisi puskesmas di Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara, kosong viral di media sosial. Akibatnya, disebutkan dua warga meninggal karena tak dilayani.

Dilansir detikSumut, Rabu (11/5/2022), dalam video menunjukkan suasana di sebuah puskesmas sepi pada pukul 15.00 WIB. Perekam menyebut ada dua orang yang telah dalam keadaan meninggal karena tidak mendapatkan pelayanan.

"Tengok ini anakku ini, boruku ini, meninggal gara-gara nggak ada sopir. Tengok itu adekku meninggal karena tak ada sopir ambulans. Puskesmas macam apa ini," kata perekam video.

Kadis Kominfo Paluta Lailar Rusdi menyebut narasi yang dibuat dalam video tidak sesuai. Rusdi menyebut ibu dan anaknya yang berada di dalam ambulans memang sudah dalam keadaan meninggal.

"Sebenarnya kejadiannya begini, pasien ini jam 10.00 WIB sudah datang ke puskesmas dan mendapatkan perawatan, beliau dalam kondisi mau melahirkan. Sudah dirawat petugas medis kita. Jam 13.00 WIB itu beliau melahirkan dalam kondisi bayi sudah meninggal," kata Rusdi kepada detikSumut.

"Pasca-melahirkan, ibunya melakukan observasi minimal 2 jam. Mungkin menurut keluarga, bayinya ini belum dibawa sekalian menunggu orang tuanya. Ternyata Allah berkehendak lain, sebelum masa observasi habis, ibunya drop dan meninggal dunia," sambungnya.

Simak berita selengkapnya di sini. (dwia/idh)