Identitas dan Rekam Jejak 5 WNI Fasilitator Keuangan ISIS yang Disanksi AS

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 11 Mei 2022 11:49 WIB
1.

Identitas dan Rekam Jejak 5 WNI Fasilitator Keuangan ISIS yang Disanksi AS

Identitas dan Rekam Jejak 5 WNI Fasilitator Keuangan ISIS yang Disanksi AS
Foto: Ilustrasi ISIS (AFP Photo/DELIL SOULEIMAN)
Jakarta -

Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa ada lima fasilitator keuangan ISIS yang berasal dari Indonesia. Beberapa di antaranya diketahui masih di Suriah dan sudah ada yang dijatuhi vonis hukum.

Seperti dikutip dari situs resmi Departemen Keuangan AS, Selasa (10/5/2022), kelima fasilitator itu disebut memainkan peran kunci dalam memfasilitasi perjalanan ekstremis ke Suriah dan daerah lain lokasi ISIS beroperasi.

AS menyatakan kelima orang itu dan jaringannya telah melakukan transfer keuangan untuk mendukung upaya ISIS di kamp-kamp pengungsi yang berbasis di Suriah dengan mengumpulkan dana di Indonesia dan Turki. Menurut AS, sebagian dana itu digunakan untuk membayar penyelundupan anak-anak keluar dari kamp dan mengirimkannya ke pejuang asing ISIS sebagai calon rekrutan.

Pengumuman dan pemberian sanksi ini bertepatan dengan pertemuan ke-16 Counter ISIS Finance Group (CIFG) Global Coalition to Defeat ISIS. Amerika Serikat, Italia, dan Arab Saudi ikut memimpin CIFG-yang terdiri dari hampir 70 negara dan organisasi internasional-dan mengoordinasikan upaya melawan jaringan dukungan keuangan ISIS di seluruh dunia.

AS juga sudah memerinci nama dan peran kelima orang yang disebut beroperasi di Indonesia itu. Menindaklanjuti hal tersebut, Densus 88 Antiteror Polri telah melaksanakan pemantauan secara intensif terhadap lima WNI tersebut.

"Densus sudah laksanakan pemantauan terus ke-5 WNI tersebut," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Rabu (11/5/2022).

Dedi mengatakan Polri akan berkoordinasi dengan Hubinter guna mencari keberadaan kelima WNI tersebut. Selain itu, Polri akan bekerja sama dengan Interpol negara terkait. Polri juga mengungkap terkait dugaan keberadaan dan status para fasilitator keuangan ISIS ini.

Siapa saja mereka? Silakan baca di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Penampakan Masjid di Afghanistan Kena Bom, 12 Jemaah Tewas

[Gambas:Video 20detik]