Jokowi dan Makna Kunjungan Kerjanya ke Luar Negeri Naik Garuda

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 21:04 WIB
pesawat garuda jokowi
Foto: Dok. Garuda Indonesia
Jakarta -

Kunjungan kerja Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) ke Washington, DC, Amerika Serikat, menyita perhatian. Sebab, dalam kunjungan itu, Jokowi terbang ke Negeri Paman Sam menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mensekneg Pratikno, Mendag Muhammad Lutfi, dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Ada pula Menlu Retno Marsudi yang lebih dulu tiba di Amerika Serikat.

"Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington, DC, dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022," ujar Presiden dalam keterangannya di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, dilansir situs resmi Setkab RI, Selasa (10/5).

Agenda Kerja Jokowi di AS

Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan sejumlah pemimpin ASEAN serta Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Selain itu, Jokowi rencananya menemui para CEO besar di Amerika.

Berikut ini sejumlah agenda yang akan dihadiri Jokowi:

1. Pertemuan dengan pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden dalam KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari
2. Pertemuan dengan anggota Kongres
3. Pertemuan dengan para CEO besar Amerika
4. Pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika

Asa Jokowi Kunker ke AS

Dalam siaran pers yang diterima detikcom, Jokowi berharap kunjungan kerja (kunker) ke Amerika Serikat bisa menjadi momentum Indonesia dalam menjaga perdamaian, mengingat, Indonesia menjadi koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024.

"Indonesia berharap KTT khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, bagi stabilitas dan bagi kemakmuran di kawasan," ujar Jokowi.

Jokowi menilai Indonesia memiliki tanggung jawab membuat kawasan Indo-Pasifik lewak ASEAN Outlook on the Indopasific membuat stabil dan aman. Menurutnya, ASEAN siap bersinergi dengan Amerika Serikat sebagai negara mitra demi mewujudkan hal tersebut.

"Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera," ucap Jokowi.

Simak alasan Jokowi naik Garuda di halaman selanjutnya...

Saksikan juga 'Jokowi Terbang ke AS Untuk Mengikuti ASEAN-US International Summit':

[Gambas:Video 20detik]