Ditangkap Polisi, Ini Penampakan 9 Begal 2 Prajurit TNI di Jaksel

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 14:30 WIB
Polres Metro Jaksel menampilkan 9 pelaku begal yang aksinya digagalkan dua prajurit TNI di Kebayoran Baru, Jaksel. Polisi juga menunjukkan sejumlah barang bukti terkait kasus tersebut (Rizky AM/detikcom)
Polres Metro Jaksel menampilkan 9 begal yang aksinya digagalkan dua prajurit TNI di Kebayoran Baru, Jaksel. Polisi juga menunjukkan sejumlah barang bukti terkait kasus tersebut. (Rizky AM/detikcom)
Jakarta -

Polres Metro Jakarta Selatan menggelar konferensi pers terkait kasus begal terhadap dua prajurit TNI di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (Jaksel). Kesembilan tersangka dihadirkan dalam konferensi pers tersebut.

Pantauan detikcom, Selasa (10/5/2022) pukul 14.15 WIB, para tersangka digiring polisi menuju halaman Mapolres Metro Jakarta Selatan, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jaksel. Sebagian wajah para pelaku tampak tertutup sebo.

Para pelaku memakai baju tahanan berwarna oranye. Usai ditampilkan, para tersangka kembali dibawa masuk.

Sejumlah barang bukti turut ditampilkan dalam konferensi pers tersebut. Di antaranya tiga unit sepeda motor, sejumlah ponsel pelaku, pakaian, dan batako yang digunakan pelaku saat melakukan aksi begal.

Polres Metro Jaksel menampilkan 9 pelaku begal yang aksinya digagalkan dua prajurit TNI di Kebayoran Baru, Jaksel. Polisi juga menunjukkan sejumlah barang bukti terkait kasus tersebut (Rizky AM/detikcom)Polisi juga menunjukkan sejumlah barang bukti terkait kasus tersebut. (Rizky AM/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap delapan begal dua prajurit TNI, Prada Junior Noval Ibrahim dan Prada Ardian Sapta Savela, di Kebayoran Baru, Jaksel. Total, ada 9 begal yang sudah ditangkap polisi.

"Iya betul. Delapan orang (ditangkap)," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Ridwan Soplanit saat dihubungi.

Kedelapan begal tersebut ditangkap pada Senin (9/5) kemarin. Sebelumnya, polisi telah mengamankan M Rizky, yang juga menjadi salah satu komplotan begal.

Seperti diketahui, 2 anggota TNI AD, Prada Junior Noval Ibrahim dan Prada Ardian Sapta Savela, menggagalkan aksi begal yang menimpa keduanya di Kebayoran Baru, Jaksel.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan peristiwa pembegalan itu terjadi pada Sabtu (7/5) sekitar pukul 05.00 WIB di Jl Bumi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tepatnya di depan SMPN 29 Jakarta.

"Benar, pada Sabtu, 7 Mei pukul 05.00 pagi hari, telah terjadi pembegalan terhadap pengendara roda dua yang kebetulan adalah anggota TNI. Kemudian dicoba dihentikan 4 motor pelaku begal," jelas Kombes Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (9/5).

Polres Metro Jaksel menampilkan 9 pelaku begal yang aksinya digagalkan dua prajurit TNI di Kebayoran Baru, Jaksel. Polisi juga menunjukkan sejumlah barang bukti terkait kasus tersebut (Rizky AM/detikcom)Tiga motor pelaku begal (Rizky AM/detikcom)

Para pelaku saat itu menyuruh kedua anggota TNI tersebut untuk berhenti. Kemudian, kedua anggota TNI itu menepi, salah satu pelaku berteriak 'berhenti, kita begal, nih'.

"Korban kemudian melakukan perlawanan. Akibat perlawanan ini membuat keempat pelaku mencoba lari, kemudian dilakukan pengejaran oleh korban," imbuhnya.

Dalam pengejaran itu, salah satu anggota TNI tersebut menendang salah satu motor pelaku. Akibatnya, pelaku terjatuh dari motor.

"Kemudian, akibat terjatuh, salah satu pelaku diamankan. Salah satu pelaku atas nama Muhammad Rizky ini berhasil diamankan dan sudah ditangani Polsek Kebayoran Baru," ungkapnya.

Simak Video: Polisi Ungkap Peran 9 Tersangka Pembegalan TNI di Jaksel

[Gambas:Video 20detik]




(jbr/jbr)