Garuda Indonesia Minta Maaf Terkait Penumpang Disabilitas Gagal Terbang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 23:24 WIB
Maskapai Garuda Indonesia
Foto: Syanti/detikcom
Jakarta -

Garuda Indonesia memberikan pernyataan pers berkaitan dengan keluhan salah satu penumpang penyandang disabilitas berkaitan dengan kursi prioritas. Garuda Indonesia menyesalkan kejadian ini dan mengaku akan melakukan evaluasi.

"Sehubungan dengan adanya keluhan dari salah satu penumpang penyandang disabilitas terkait kursi prioritas di penerbangan GA 121 Rute Kualanamu - Jakarta pada hari ini, Senin (9/4), dapat kami sampaikan bahwa saat ini, Garuda Indonesia tengah melakukan evaluasi lebih lanjut atas kejadian tersebut untuk memastikan langkah corrective action dapat dilakukan guna mencegah hal seperti ini terulang kembali," demikian pernyataan Garuda Indonesia, Senin (9/5/2022).

Berikut pernyataan lengkap Garuda Indonesia kepada wartawan:

Tanggapan Garuda Indonesia Terkait Keluhan Penumpang Disabilitas yang Gagal Terbang

Jakarta, 9 Mei 2022 - Sehubungan dengan adanya keluhan dari salah satu penumpang penyandang disabilitas terkait kursi prioritas di penerbangan GA 121 Rute Kualanamu - Jakarta pada hari ini, Senin (9/4), dapat kami sampaikan bahwa saat ini, Garuda Indonesia tengah melakukan evaluasi lebih lanjut atas kejadian tersebut untuk memastikan langkah corrective action dapat dilakukan guna mencegah hal seperti ini terulang kembali.

Kami sangat menyesalkan kejadian ini dan menyampaikan permohonan maaf sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami oleh penumpang pada penerbangan tersebut. Hal ini tentunya menjadi catatan dan masukan penting bagi kami untuk terus mengoptimalkan kualitas layanan penerbangan bagi pelanggan setia kami.

Dapat kami sampaikan bahwa sebelumnya penumpang tersebut telah terjadwalkan untuk terbang pada penerbangan GA 189 rute Kualanamu - Jakarta dengan kursi prioritas. Namun demikian, dikarenakan terdapat perubahan penerbangan, maka penumpang tersebut harus melanjutkan perjalanan dengan penerbangan GA 121 rute Kualanamu - Jakarta sehingga terdapat penyesuaian nomor kursi penerbangan berdasarkan ketersediaan kursi pada penerbangan tersebut.

Adapun saat ini penumpang tersebut telah kami jadwalkan untuk kembali melaksanakan penerbangan esok hari, pada Selasa (10/5) menggunakan penerbangan GA 121 rute Kualanamu - Medan dengan kursi prioritas. Kami juga akan terus berkomunikasi dengan penumpang tersebut dan memastikan kebutuhan service recovery yang diperlukan untuk kami penuhi.

Garuda Indonesia sepenuhnya memahami kebutuhan atas layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat, tidak terkecuali bagi para penumpang penyandang disabilitas. Komitmen tersebut yang akan terus senantiasa kami kedepankan dalam layanan penerbangan Garuda Indonesia, khususnya melalui berbagai upaya untuk memberikan kemudahan aksesibilitas layanan penerbangan.

PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk
CORPORATE SECRETARY & INVESTOR RELATIONS

Penjelasan dari redaksi berkaitan dengan berita ini ada di halaman selanjutnya...