Heboh Pemudik Hamburkan Uang di Atas Masjid, Ternyata Pengusaha Pecel Lele

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 16:34 WIB
Video pemudik di Lamongan hamburkan uang ke warga
Video pemudik di Lamongan menghamburkan uang ke warga. (Tangkapan Layar)
Lamongan -

Viral video sejumlah pemudik di Desa Bugoharjo, Pucuk, Lamongan, Jawa Timur, menghambur-hamburkan uang dari atas masjid ke warga dalam tradisi udik-udikan. Siapa sosok yang menghamburkan uang itu?

Dilansir detikJatim, warga setempat, Ahmad Yusuf mengatakan video bagi-bagi uang dari atas serambi masjid tersebut merupakan salah satu dari rangkaian acara para pemudik asli warga Desa Bugoharjo.

Para pemudik ini tergabung dalam Persatuan Perantauan Warga Bugoharjo (PPWB) se-Nusantara. Yusuf menyebut udik-udikan merupakan wujud syukur berbagi kepada masyarakat di desanya.

"Sebenarnya udik-udikan ini salah satu dari rangkaian acara halalbihalal warga rantau di desa kelahiran kami," ujar Yusuf, Senin (9/5/2022).

Yusuf menambahkan, para pemudik yang tergabung dalam PPWB ini rata-rata pengusaha warung pecel lele. Tak hanya berbagi uang dalam tradisi udik-udikan, para pengusaha ini juga menggelar berbagai bakti sosial seperti menggelar sunatan massal, pengobatan gratis hingga menggelar pengajian umum.

"Kami perantau udik-udikan uang kertas kepada masyarakat di tanah kelahiran. Sebelum udik-udikan ini, kami juga membagikan sebagian rezeki kami ke warga," kata Yusuf.

Baca selengkapnya di sini.

Simak juga Video: Ragam Cerita Pemudik Warnai Lebaran 2022

[Gambas:Video 20detik]



(idh/dhn)