Hadiri KTT ASEAN-AS, Jokowi Bertolak ke Washington DC Besok

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 08:23 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunggah momen pertemuan bilateralnya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan Biden dan Jokowi itu berlangsung di Scottish Event Campus (SEC), Glasgow, Skotlandia.
Foto ilustrasi: Presiden RI Jokowi dan Presiden AS Joe Biden (AP Photo/Evan Vucci)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS). Kunjungan kerja ini dalam rangka menghadiri KTT khusus ASEAN-AS yang dilaksanakan di Washington DC, AS.

"Berangkat tanggal 10 Mei," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Senin (9/5/2022).

KTT khusus ASEAN-AS rencananya digelar pada 12-13 Mei 2022 mendatang. Setelah menghadiri serangkaian agenda tersebut, Jokowi direncanakan tiba kembali di Tanah Air pada Minggu (15/5) pagi.

Kabar soal kunjungan Jokowi ke Washington DC sebelumnya juga disampaikan melalui akun Twitter resmi Kementerian Luar Negeri RI. Kegiatan KTT khusus ASEAN-AS ini juga akan menjadi pertemuan langsung perdana antara para pemimpin ASEAN dan Presiden AS sejak tahun 2017.

"Presiden RI akan hadir dalam ASEAN-US Special Summit di Washington DC, 12-13 Mei 2022," tulis @Kemlu_RI.

Pada 2021 lalu, KTT khusus ASEAN-AS dihadiri pula oleh Presiden Joe Biden. Namun lantaran masih dalam kondisi pandemi COVID-19, KTT dihadiri secara virtual.

Dilansir dari situs resmi ASEAN dan Kemlu, para pemimpin ASEAN serta Presiden AS akan bertemu untuk membahas cara dan sarana untuk mengintensifkan kerja sama di berbagai bidang, termasuk terkait COVID-19 dan keamanan kesehatan global, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan, kerja sama maritim, pengembangan sumber daya manusia, pendidikan, serta konektivitas dan keterlibatan ekonomi. Tak hanya itu, mereka juga akan saling bertukar pandangan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

Amerika Serikat telah lama menjadi mitra strategis ASEAN untuk berbagai bidang. KTT khusus yang diselenggarakan nantinya juga dilaksanakan untuk merayakan peringatan 45 tahun Kemitraan ASEAN dan AS sekaligus memperkuat kemitraan yang telah berjalan.

Lihat juga video 'Jokowi Undang Putin dan Zelensky ke KTT G20 di Bali':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/dnu)