ADVERTISEMENT

Rekor-rekor Terpecahkan Saat Akhirnya Kembali Boleh Mudik Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 06:31 WIB
Jasa Marga
Pantauan jalur mudik PT Jasa Marga. (dok. Istimewa)

Penumpang Membeludak di Bandara YIA Jogja

Puncak arus balik terjadi di Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini. Tercatat ada ada lebih dari 12.000 penumpang memadati bandara YIA siang ini. Jumlah ini sekaligus memecahkan rekor jumlah penumpang di Bandara YIA selama beroperasi.

"Jadi sesuai dengan flight plan, rencana penerbangan untuk hari ini ada lonjakan penumpang untuk arus balik di mana sesuai dengan prediksi kita penumpang dengan jumlah di atas 12.000," ucap Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama, saat ditemui wartawan di YIA, Minggu (8/5/2022).

Pandu memerinci total jumlah penumpang hingga siang ini sekitar 12.300 orang. Dengan rincian 5.300 penumpang kedatangan, dan 6,800 penumpang keberangkatan.

Jumlah ini diperkirakan masih terus bertambah mengingat terdapat penumpang yang membeli tiket menjelang keberangkatan hari ini. Adapun jumlah pergerakan pesawat mencapai 74 dengan satu di antaranya merupakan penerbangan internasional.

"Hari ini alhamdulillah kita mencatat sekitar 74 pergerakan pesawat dengan berbagai rute memang akumulasinya 60 persen masih didominasi rute Cengkareng. Kemudian jumlah penumpang yang tercatat hari ini ada sekitar 12.300 ditambah dengan penerbangan internasional hari ini ke Kuala Lumpur dengan keberangkatan sejumlah sekitar 140 lebih passanger-nya," ujar Pandu.

"Jadi memang kelihatannya hari ini adalah arus puncaknya untuk balik di bandara YIA," sambungnya.

Pandu mengatakan total jumlah penumpang pada puncak arus balik ini sesuai dengan prediksinya. Sebelumnya otoritas bandara sudah memperkirakan akan ada lonjakan jumlah penumpang hingga 12.000 orang saat puncak arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Ya sesuai prediksi, karena memang kemarin itu waktu arus mudik kita baru 11.800 ya kemarin itu, padahal prediksinya di 12.000, ternyata prediksi kami begitu balik banyak sekali para pengguna jasa, yang awalnya menggunakan kendaraan darat, kemudian terjadi kemacetan sehingga sebagian mereka memilih jalur udara," jelasnya.

Pandu menyebut jumlah yang tercatat hari ini juga memecahkan rekor penumpang sejak YIA mulai beroperasi 2019 silam.

"Ya tertinggi sejak operasional bandara, kita ada 12.300 yang tercatat. Biasanya nanti sampai akhir penerbangan bisa bertambah bahkan bisa mencapai di 13.000 insyaAllah," ujarnya.


(fca/fca)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT