Kisah Seru Mudik Lebaran Pakai Sepeda Serpong-Palembang PP

Andi Saputra - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 14:36 WIB
Veri mudik Serpong-Palembang PP atau sekitar 1.200 Km (Andi Saputra/detikcom)
Foto: Veri mudik Serpong-Palembang PP atau sekitar 1.200 Km (Andi Saputra/detikcom)
Jakarta -

Mudik naik sepeda motor, sudah lumrah. Pulang kampung naik mobil juga sangat lazim. Tapi bila mudik lebaran naik sepeda gowes seperti yang dilakukan Veri Sanovri? Perlu mental baja. Apalagi jarak yang ditempuh bukan kaleng-kaleng: Serpong-Palembang PP atau sekitar 1.200 Km.

Untuk rute mudik, Veri berangkat dari Serpong pada Jumat (29/4) subuh dan sampai ke Jembatan Ampera pada Senin (2/5) petang, atau jelang malam takbiran.

Setelah merayakan lebaran di kampung halaman, Veri lagi-lagi kembali ke perantauan memakai sepeda gowesnya. Berangkat dari Palembang pada Kamis (5/2) subuh.

"Jalan pulang dari palembang ke Serpong dikawal sama big brother Sjahrial sampai Tanjung Raja," kata Veri yang menuliskan perjalanannya di IG @verisanovri dan telah diizinkan untuk dikutip detikcom, Minggu (8/5/2022).

Sepanjang gowes dari Pelembang ke Lampung, Veri Sanovri mendapat suport dari orang-orang yang ditemuinya. Hal itu membuatnya terus semangat mengayuh sepeda hingga tujuan akhir.

"Dikasih bingkisan sama pemotor di Tanjung Raja. Terus di lintas Sumatera dikasih oleh-olej sama mamang baju biru. Tiap ketemu Pak Polisi dan anggota TNI di Indomaret atau alfarmart selalu diingetin di wilayah perbatasan kalau sudah malam jangan jalan," tutur Veri Sanovri.

Saat malam datang, Veri Sanovri menggelar tenda kecil di rest area untuk tidur. Bila fajar mulai bersinar, Veri Sanovri buru-buru berkemas untuk kembali mengayuh sepedanya.

"Pulaaang ke Serpong hari kedua, hari ini asli berat. Cuaca panas dan hujan deras disertai angin yang kencang. Tapi bahagia, selalu menemukan orang-orang baik di jalan," tutur Veri Sanovri.

Simak juga Video: Ogah Kejebak Macet, Pemudik Ini Ngaku Naik Pesawat Lebih Efektif

[Gambas:Video 20detik]