Kapolri Usul WFH Sepekan Usai Mudik, Begini Tanggapan Krisdayanti

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 09:10 WIB
Krisdayanti
Foto: Krisdayanti (Dok Instagram Krisdayanti)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengusulkan agar instansi swasta maupun pemerintah menerapkan work from home (WFH) selama sepekan demi mengurangi kemacetan saat arus balik lebaran. Anggota Komisi IX DPR Krisdayanti menyayangkan usul itu terlambat diajukan.

"Konsep WFH sepekannya saya setuju, tapi menyayangkan karena keputusannya diambil agak terlambat, karena prediksi puncak arus mudiknya hari ini (kemarin) dan besok (hari ini). Orang yang sudah telanjur beli tiket akan tetap pulang hari ini dan besok. Orang yang sudah di perjalanan melalui jalur darat banyak juga yang sudah telanjur di perjalanan menerjang arus balik," ujar Krisdayanti saat dimintai konfirmasi, Sabtu (7/5/2022).

"Usulan WFH ini seharusnya sudah disusun sebelum arus mudik berlangsung. Semua perusahaan atau lembaga seharusnya sudah tidak asing dengan skema WFH," sambungnya.

Krisdayanti mengatakan seharusnya kebijakan WFH tidak hanya diterapkan bagi ASN saja. Pasalnya, tidak semua pemudik merupakan ASN.

Selain itu, Krisdayanti mengungkap alasan kenapa masyarakat kembali ke Jakarta di hari yang sama sehingga menimbulkan penumpukan kendaraan. Dia mengatakan jadwal masuk kerja mereka memang berbarengan dengan kantor lain.

"Masyarakat bukan ingin menghabiskan waktu dan tenaga di jalanan. Tetapi mereka terpaksa segera pulang karena jadwal efektif bekerja di hampir semua perusahaan maupun instansi pemerintahan dilaksanakan serentak," kata Krisdayanti.

Krisdayanti menyebut seluruh pejabat pembina kepegawaian atau penanggungjawab perusahaan seharusnya sudah mengatur pembagian jadwal sesuai dengan fungsi dari perusahaan masing-masing agar penyelenggaraan operasional perusahaan atau pemerintahan tetap berjalan lancar. Hal tersebut, katanya, juga dilakukan demi menekan angka kemacetan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Meski demikian, Krisdayanti tetap berdoa agar WFH sepekan itu bisa berjalan dengan efektif.

"Tapi jika diminta tanggapan mengenai WFH dadakan ini, saya hanya bisa berdoa semoga efektif," imbuhnya.

(drg/dnu)