3 Pria Indonesia Pergi ke Mekkah Naik Sepeda, Kini Tiba di Malaysia

Antara - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 05:36 WIB
dok Antara Foto
Foto: dok Antara Foto
Jakarta -

3 pria asal Indonesia pergi ke Mekkah, Arab Saudi, menggunakan sepeda. Mereka bakal melewati sejumlah negara mulai dari Malaysia, Thailand, hingga Pakistan.

Dilansir Antara, ketiganya yakni Andi Harvin (27), Chairul Ma'atini (27), dan Muhammad Fauzan (28). Andi dan Chairul berangkat dari Gorontalo sejak Juni 2021, sedangkan Fauzan dari Magelang sejak November 2021.

Ketiganya tiba di Malaysia pada 27 April 2022, sebelumnya telah berada 1 bulan di Singapura. Ketiganya juga sempat bertemu dengan Duta Besar RI di Kuala Lumpur, Hermono.

Andi bercerita berbekal pengalamannya sebagai anggota Mapala Benua di Universitas Negeri Gorontalo, ia memberanikan diri untuk pergi ke Mekkah dengan bersepeda.

Sepanjang perjalanan, ketiganya menjual kaos bertuliskan 'Muslim Youth Journey' untuk persediaan bekal. Mereka juga sempat bermalam di rumah-rumah warga setempat.

Ketiga pria itu berlebaran di salah satu desa kawasan kebun sawit di Kota Ruam, Malaysia, selama 3 hari. Sepanjang perjalanan, ketiganya kerap berkomunikasi dengan komunitas sepeda internasional di negara setempat agar mendapatkan referensi rute sepeda lintas negara.

Hermono selaku dengan Duta Besar RI di Kuala Lumpur sempat bersilaturahmi dengan ketiganya. Ia menyampaikan dukungan dan semangat terhadap ketiganya.

Hermono juga mengingatkan agar ketiganya menjalin komunikasi dengan KBRI/KJRI guna mempersiapkan bekal informasi yang cukup terkait kebijakan protokol kesehatan COVID-19 di berbagai negara.

Diketahui, ketiga pria itu mampu menempuh 120 km per hari. Berat beban bekal di sepeda mencapai 40-50 Kg.

Selama bulan puasa, mereka memilih bersepeda pada malam hari. Dan memutuskan istirahat pada siang hari.

Rencananya, hari ini mereka akan melanjutkan perjalanan ke Thailand. Kemudian lanjut ke Myanmar, India, Pakistan, Iran, Uni Emirat Arab hingga ke Arab Saudi.

(isa/isa)