ADVERTISEMENT

One Way Km 28-Km 3 Tol Japek Berubah Contraflow, Polisi: Ini Sangat Dinamis

Anggi Muliawati - detikNews
Sabtu, 07 Mei 2022 19:14 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengecek kondisi mudik di tol Cikampek
Foto: Sambodo (tengah) (dok. Istimewa)
Jakarta -

Pihak kepolisian memohon maaf atas berubah-ubahnya rekayasa lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek dari one way menjadi contraflow atau sebaliknya. Polisi menjelaskan kondisi lalu lintas arus balik Lebaran memang sangat dinamis.

"Tentu kami dari pihak kepolisian mohon maaf kepada para pengendara, dengan cara bertindak yang kami lakukan atau yang katanya jadwalnya sudah one way ternyata masih contraflow dan sebagainya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, di KM 3+500, Sabtu (7/5/2022).

Sambodo mengatakan rekayasa lalu lintas di lapangan memang bersifat dinamis. Dia menyebut dalam setiap aturan yang diputuskan, pihaknya selalu berusaha menyampaikan kepada masyarakat.

"Kami mohon maaf karena ini betul-betul sangat dinamis di lapangan dan tentu ada jeda waktu satu, dua jam sebelum kami melakukan perubahan bertindak, kami akan menyampaikan ke teman-teman media termasuk juga melalui media sosial yang ada di TMC twitter, facebook atau sebagainya, sehingga tersosialisasi," katanya.

Sambodo mengatakan pihaknya akan terus berusaha memberikan yang terbaik agar perjalanan pemudik aman dan lancar. Menurutnya, semua yang dilakukan demi mengurai kepadatan diberbagai jalur.

"Tentu pasti ada yang tidak nyampai, kami mohon maaf kita akan berikan yang terbaik sehingga baik pemudik yang akan kembali ke Jakarta maupun yang akan meninggalkan Jakarta bisa sama-sama, bisa melintas tentu pasti akan ada kepadatan karena memang volume akan meningkat, yang kami lakukan adalah bagaimana mengelola kemacetan dan kepadatan tersebut sehingga semuanya bisa sama-sama berjalan dengan baik," tuturnya.

Sebelumnya, pada pukul 07.43 WIB, polisi memberlakukan sistem one way dari Kalikangkung sampai KM 3+500. Ruas jalan tol menuju Cikampek sementara digunakan oleh kendaraan yang melaju dari arah sebaliknya.

Kemudian, pada pukul 17.02 WIB polisi memberlakukan contraflow dari KM 3+500 sampai Cibitung. Hal itu dilakukan guna mengurai kemacetan yang terjadi di jalur arteri.

(maa/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT