ADVERTISEMENT

Golkar Akan Ikut Pendidikan Politik Program PCB Terpadu dari KPK

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 07 Mei 2022 15:13 WIB
Sekretaris Fraksi Partai Golkar Adies Kadir
Foto: Dok. Golkar
Jakarta -

Partai Golkar menyatakan kesiapannya untuk memenuhi undangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait program 'Politik Cerdas Berintegritas Terpadu (PCB Terpadu) Tahun 2022'.

Wakil Ketua Umum Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Partai Golkar, Adies Kadir menilai hal tersebut penting dalam meningkatkan integritas dalam berpolitik.

"Golkar menyambut baik undangan dari KPK dan kami siap memenuhi undangan tersebut. Bagi kami setiap usaha untuk meningkatkan integritas, pendidikan politik dan sikap antikorupsi selama ini terus menjadi perhatian utama kami," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/5/2022).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini pun menambahkan program pendidikan politik dari KPK ini nantinya akan dimulai pada 18 Mei 2022. Pada batch pertama, KPK akan mengundang ketua umum, sekjen dan bendahara umum masing-masing partai politik.

"Segenap komponen Partai Golkar juga akan menghadiri undangan tersebut," ungkapnya.

Lebih lanjut, Adies menjelaskan selama ini pihaknya memang telah sering bekerja sama dengan KPK yang merupakan mitra kerja Komisi III DPR RI. Terlebih, KPK juga akan mengundang 20 partai politik peserta Pemilu 2024.

Dalam hal ini, kata Adies, Golkar merupakan partai yang telah lama menyatakan diri menentang korupsi. Hal ini menjadi salah satu dalam 10 sikap politik yang ditegaskan Golkar dalam Musyawarah Nasional tahun 2019.

Dalam pernyataan tersebut, lanjutnya, Golkar mendorong penegakan hukum yang lebih tegas dengan perbaikan kinerja penegak hukum. Hal ini termasuk pemberantasan korupsi dengan indikator penegakan hukum yang menghormati nilai-nilai HAM, memenuhi rasa keadilan, pengutamaan pencegahan pelanggaran hukum dan manajemen sistem penegakan hukum yang efisien dan efektif.

Adies pun menegaskan selama ini Golkar selalu meminta para kader untuk tidak terlibat dalam tindak korupsi di level mana pun. Ia juga mengatakan integritas demokrasi dan sikap antikorupsi yang ingin ditumbuhkan oleh KPK juga menjadi prioritas Partai Golkar selama ini.

"Hal itu ada dalam pernyataan sikap kami. Jadi Golkar selalu mendukung tindakan pemberantasan korupsi dan Golkar akan siap mengikuti setiap usaha-usaha pendidikan antikorupsi," pungkas Adies.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT