ADVERTISEMENT

Simak! Rekayasa Lalin Tol Cikupa Jika Macet dari Merak ke Jakarta

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 19:18 WIB
Kasat PJR Polda Banten Kompol Adrian Tuuk
Kompol Adrian Tuuk (Bahtiar/detikcom)
Cilegon -

Penanganan arus balik kendaraan dari Sumatera via Pelabuhan Merak difokuskan di pintu Tol Cikupa, Tangerang. Polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas jika ada kemacetan kendaraan yang mau masuk ke Jakarta.

"Kami saat ini (di Merak) tidak ada rekayasa lalu lintas atau pengalihan, namun apabila ada kepadatan khususnya di pintu Tol Cikupa kita akan melakukan rekayasa atau pengalihan arus," kata Kasat PJR Polda Banten Kompol Adrian SY Tuuk kepada wartawan di Tol Merak, Cilegon, Jumat (6/5/2022).

Jika kendaraan dari Merak padat di Cikupa sampai ke Balaraja Timur, kendaraan akan dialihkan menuju Balaraja Barat. Kendaraan akan masuk ruas kota hingga Jakarta.

"Akan melewati Tangerang Kota, Citra Raya menuju Jakarta," ujarnya.

Prediksinya, kendaraan akan meningkat mulai dari H+5 hingga H+7. Situasinya akan lebih ramai mulai dari sore hingga malam.

"Karena para pemudik biasanya mencari waktu atau jam cuaca yang teduh sehingga biasanya akan nada peningkatan dari sore hingga malam hari bahkan sampai pagi," terangnya.

Namun, di Pelabuhan Merak hingga pintu masuk tol tetap akan dilakukan rekayasa jika memang kendaraan di sini padat. Kendaraan roda dua dari kapal dilarang melalui jalur Cikuasa Atas karena khusus untuk roda empat.

Pemisahan ini dilakukan agar tidak ada pertemuan antara dua jenis kendaraan itu di sekitar pelabuhan.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT