ADVERTISEMENT

Urai Arus Balik, Legislator Imbau Kementerian Ikuti Saran Kapolri WFH Sepekan

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 16:38 WIB
Pengendara melintasi tol Km 73 Cikampek, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Rekayasa one way dari Km 414 GT Kalikangkung hingga Km 47 Tol Cikampek mulai diberlakukan pukul 14.00 WIB. Hingga saat ini arus kendaraan terpantau ramai lancar.
Arus Balik Lebaran (Agung Pambudhy/detikcom)

"Menurut saya, jika kementerian/lembaga mengikuti saran Kapolri untuk memberlakukan WFH selama seminggu sejak cuti bersama Idul Fitri berakhir, merupakan keputusan yang bagus. Kinerja K/L tetap berjalan dengan WFH, sekaligus membantu mengurangi potensi kemacetan parah pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei ini," ujarnya.

Wasekjen PKB ini menilai tidak akan ada kerugian dengan memperbolehkan para pekerja WFH seminggu pasca Lebaran. Dia menyebut keputusan ini juga demi kebaikan bersama.

"Saya berharap, K/L yang menjadi mitra Komisi IX DPR RI, seperti Kemnaker dan Kemenkes, mengikuti saran Kapolri, demi kebaikan bersama. Saya tidak melihat akan ada kerugian apa pun yang akan dialami oleh pimpinan dan pegawai K/L jika mengikuti saran Kapolri itu. Bahkan masyarakat masih tetap bisa terlayani dengan WFH," tuturnya.

Sekretaris Bidang Sosial dan Kebencanaan DPP PKB, Luqman Hakim (Dok. istimewa)Anggota Komisi IX DPR Luqman Hakim (Foto: dok. istimewa)

Kapolri Sarankan WFH

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan jajarannya bersama stakeholder terkait bekerja keras untuk mengurai arus balik Lebaran 2022. Salah satu yang dia sarankan adalah agar instansi swasta maupun pemerintah menerapkan work from home (WFH) selama sepekan.

"Tentunya kita juga imbau untuk mengurai arus balik khususnya bagi instansi-instansi baik swasta atau pemerintah yang masih memungkinkan untuk satu minggu ini bisa melaksanakan aktivitas dengan gunakan media yang ada, seperti online, work from home," kata Sigit.

"Tentunya itu (WFH) menjadi salah satu yang kita sarankan sehingga arus balik ini betul-betul bisa kita jaga. Namun tentunya tidak mengganggu aktivitas di institusi ataupun di kantor-kantor yang ada," sambungnya.


(maa/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT