One Way Tol Km 414-47 Dimulai, Ini Rute Alternatif DKI ke Bandung-Semarang

ADVERTISEMENT

One Way Tol Km 414-47 Dimulai, Ini Rute Alternatif DKI ke Bandung-Semarang

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 14:39 WIB
Suasana menjelang one way di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Jumat (6/5/2022).
One way di Tol Kalikangkung Km 414 (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta -

Kebijakan one way dari Tol Kalikangkung Km 414 hingga Tol Cikampek Km 47 dimulai siang ini. PT Jasa Marga (Persero) Tbk meminta pengendara dari DKI Jakarta yang mengarah ke Bandung dan Semarang untuk melintasi jalan nontol sementara waktu.

"Pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju Bandung dan Semarang untuk mengantisipasi rekayasa lalu lintas one way dengan merencanakan rute perjalanan ke Semarang dan Bandung melalui jalan nontol," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Jumat (6/5/2022).

Dwimawan meminta maaf kepada masyarakat yang hendak pergi ke arah Jawa dari Jakarta. Dwimawan memberikan sejumlah rute alternatif bagi pengendara untuk tetap bisa pergi ke Bandung dan Semarang, walau tidak melewati tol.

"Untuk mengantisipasi pemberlakuan one way, Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang menuju arah timur, serta mengimbau pengguna jalan untuk menggunakan sejumlah rute alternatif perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dan Semarang," tuturnya.

Berikut daftar rute alternatifnya:

Arah Bandung

Alternatif 1: Melalui Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar melalui GT Ciawi Km 45 arah Puncak, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Cisarua, Cipanas, Cianjur, Sukaluyu, Cipatat hingga masuk ke GT Padalarang Km 120 Jalan Tol Padaleunyi menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 2: Melalui Jalan Tol Jagorawi, lalu keluar melalui GT Cibubur Km 13 arah Puncak, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Cileungsi, Jonggol, Cianjur hingga masuk ke GT Padalarang Km 120 Jalan Tol Padaleunyi menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 3: Melalui jalan non tol Kalimalang, Kedung Waringin, Karawang, Purwakarta, Wanayasa, Lembang hingga Bandung dan sekitarnya.

Alternatif 4: Melalui jalan non tol Kalimalang, Kedung Waringin, Karawang, Purwakarta, hingga masuk ke GT Sadang Km 76 Jalan Tol Cipularang menuju arah Bandung dan sekitarnya.

Arah Semarang

Alternatif 1: Melalui Jalan Tol Dalam Kota, lalu keluar melalui Cawang/Halim Km 2 arah Cawang, yang dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui MT Haryono, Kalimalang, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Brebes, Kendal hingga Semarang dan sekitarnya

Alternatif 2: Melalui Jalan Tol JORR Seksi E, lalu keluar melalui Pd. Kelapa/Kranji Km 47 baik arah Cakung maupun arah Jati Asih, dilanjutkan melalui perjalanan non tol melalui Kalimalang, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Brebes, Kendal hingga Semarang dan sekitarnya.

Sebelumnya, polisi mengumumkan rekayasa lalu lintas one way dari Tol Kalikangkung Km 414 hingga Tol Cikampek Km 47 akan dimulai pukul 14.00 WIB nanti. Setelah one way, polisi akan melakukan contraflow dari Km 47 hingga Km 28+500 Tol Cikampek arah Jakarta.

"Pelaksanaan one way hari ini mulai pukul 14.00 WIB, dari Km 414 Kalikangkung sampai Km 47. Dan contraflow sampai Km 28+500," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Jumat (6/5).

Simak video 'One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Km 414-Cikampek Km 47 Dimulai!':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT