Pasutri Sukabumi Pembuat Konten Injak Al-Qur'an Terancam 5 Tahun Bui

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 11:17 WIB
CER (25) dan SL (25), suami istri di Sukabumi yang buat geger lewat konten injak kitab suci Al-Quran
Foto: Pasutri di Sukabumi ditangkap karena bikin konten injak Al-Qur'an (Siti Fatimah/detikJabar)
Jakarta -

Pasangan suami istri (pasutri) berinisial CER (25) dan SL (24) dijerat pasal berlapis karena membuat konten menantang umat muslim dan menginjak Al-Qur'an. Mereka terancam hukuman 5 tahun penjara.

"Selain itu tersangka juga kami jerat Pasal 156A KUHP tentang penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin, dilansir dari detikJabar, Jumat (6/5/2022).

Zainal menjelaskan, pasutri itu disangkakan pasal berlapis dengan Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Adapun insiden injak Al-Qur'an ini dilakukan pada 2020 lalu di Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Sang istri sengaja mengunggah video itu ke media sosial suaminya dengan alasan kesal kepada suami karena terlibat cekcok setelah berlibur ke Pelabuhanratu baru-baru ini.

"Saat setelah di-upload mereka menerima feedback yang cukup banyak, mereka akhirnya kelabakan sendiri kemudian menghapus video tersebut," tuturnya.

Zainal mengatakan keduanya masih beragama Islam. Namun, pasutri ini mengakui bahwa pengetahuan mereka terhadap agama masih dangkal.

Simak selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Wanita Yang Sempat Diduga Bakar Al-Qur'an Alami Trauma':

[Gambas:Video 20detik]






(drg/imk)