ADVERTISEMENT

Polisi Minta Warga Bekasi Mau ke Jakarta Tak Masuk Tol Japek pada 6-8 Mei

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 19:54 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Arus balik mudik Lebaran diperkirakan terjadi pada 6-8 Mei 2022. Polisi pun meminta masyarakat Bekasi dan sekitarnya yang hendak ke Jakarta tidak masuk ke Tol Jakarta-Cikampek (Japek) pada 6-8 Mei.

"Bagi warga Bekasi, Cikarang, Tambun, Cibitung yang ke arah Jakarta sebaiknya jangan menggunakan Tol Japek, karena nanti akan menambah beban dan menyebabkan kemacetan. Gunakan saja jalur arteri kalau misal dia lewat kawasan Bekasi Kabupaten bisa pakai Arteri Pantura, nanti bisa ke Kalimalang tembus Jaktim atau lewat Harapan Indah atau dari Kalimalang naik Becakayu nanti bisa tembus ke Tol Priok atau ke bawah ke Halim," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di TMC Polda Metro Jaya, Kamis (5/5/2022).

Sambodo mengatakan Tol Japek dikhususkan untuk para pemudik yang akan kembali ke Jakarta. "Jadi betul-betul jalur Cikampek digunakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta, untuk para traffic lokal Jakarta, Bekasi, dan sebagainya sebaiknya pergi pulang tidak pakai Tol Jakarta Cikampek tetapi menggunakan jalan arteri," ucapnya.

Sambodo juga mengimbau masyarakat lokal Bodetabek yang akan ke Jakarta menghindari masuk ke Gerbang Tol Halim pada saat arus balik. Ia menyarankan masyarakat mencari jalur alternatif supaya tidak menambah kepadatan volume lalu lintas pada 6-8 Mei.

"Jadi misalnya warga yang sekitaran Cinere, Fatmawati, Jaksel, atau Kramat Jati, Makasar, silakan ambil Cikunir-JORR, nanti bisa keluar, termasuk yang rumahnya BSD, Bintaro, Alam Sutera, dan sebagainya itu sebaiknya menggunakan Tol JORR," ujar Sambodo.

"Demikian juga yang rumahnya daerah Jakarta Utara, Priok, Warakas, Cempaka Putih, ini bisa ambil yang ke arah Cilincing. Nanti dari Cilincing masuk ke Tol Priok nanti di Tol Priok bisa turun ke arah Cempaka Putih, Rawamangun dan seterusnya atau turun ke Ancol, Pluit dan sebagainya. Jadi menghindari GT Halim tetapi kita maksimalkan untuk menggunakan GT Cikunir baik arah Tol Jorr ke arah Pondok Indah atau ke Cilincing," tambahnya.

(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT