Cerita Pedagang di Ragunan Raup Omzet 2 Kali Lipat Saat Libur Lebaran 2022

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 15:40 WIB
Pedagang di Ragunan raup untung dua kali lipat saat libur Lebaran 2022 (Anggi/detik)
Pedagang di Ragunan meraup untung dua kali lipat saat libur Lebaran 2022. (Anggi/detik)
Jakarta -

Lebaran tahun ini bukan hanya dirasakan sukacitanya oleh warga. Pedagang-pedagang di tempat wisata pun mengaku bahagia setelah meraup keuntungan lebih besar saat momen libur Lebaran tahun ini.

Roy (34), pedagang mainan di Taman Margasatwa Ragunan, mengaku ada kenaikan keuntungan yang diraihnya saat ini dibandingkan Lebaran tahun lalu. Kenaikan itu disebut mencapai dua kali lipat.

"Kalau (dibandingkan) keuntungan harian cenderung beda. Bisa dua kali lipat dari sehari-hari," katanya saat ditemui di Ragunan, Kamis (5/5/2022).

Roy mengaku tiap harinya rata-rata dia meraup keuntungan Rp 300 ribu. Angka itu melonjak di momen libur Lebaran tahun ini.

"Sehari bisa nyampai Rp 300 ribu hari biasa. Kalau Lebaran sekitar Rp 700-800 ribu, naik turun juga, sih," katanya.

Roy berjualan di Ragunan sejak 2008. Pandemi virus Corona diakui Roy berdampak besar pada pendapatannya.

"Awal pandemi jangankan nyari uang Rp 100 ribu, nyari Rp 50 ribu saja susah. Kita istilahnya kayak ngemis-ngemis gitu, bukan pembeli yang nyamperin, tapi kita yang nyodor-nyodorin," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Edy (47). Pria yang berprofesi sebagai fotografer di Ragunan ini mengaku bahagia dengan lonjakan jumlah pengujung di tempat wisata saat momen libur Lebaran tahun ini.

"Senang kalau buka, Ragunan ramai seneng. Biar normal lagi, jadi usaha lagi, dapat uang lagi. Susah, udah dua tahun," katanya.

Sekitar 20 tahun Edy menjadi fotografer di Ragunan. Libur Lebaran tahun ini dia merasa kepadatan pengunjung di Ragunan sudah mendekati seperti sebelum adanya pandemi virus Corona.

"Kalau pengunjung ramainya sebelum pandemi, ini masih dibatasi. Kalau dibanding sebelum pandemi, ya jauh. Segini udah mulai normal lagi, yang penting usaha dulu, hasil ya sedapatnya, syukur-syukur dapat banyak," tuturnya.

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel), ramai didatangi pengunjung hari ini. Tercatat ada 15.685 pengunjung Ragunan yang masuk sejak pagi hari ini.

"Pengunjung hari ini 15.685 di posisi jam 10.00 WIB, hampir 16 ribu," kata staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan, Wahyudi Bambang, di Taman Margasatwa Ragunan.

Bambang memprediksi pengunjung yang datang ke Ragunan hari ini akan lebih ramai. Adapun kapasitas Ragunan saat ini sebanyak 45 ribu atau 75 persen.

Simak Video 'Mau Main ke Taman Margasatwa Ragunan? Jangan Lupa Daftar Online!':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/ygs)