5 Hal Wajib Diketahui soal Arus Balik Lebaran

ADVERTISEMENT

5 Hal Wajib Diketahui soal Arus Balik Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 07:30 WIB
Perjuangan Pemudik Demi Bertemu Keluarga
Mudik Lebaran 2022 (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Masyarakat akan menghadapi arus balik mudik Lebaran 2022 dalam waktu dekat. Puncak arus balik mudik pun perlu diantisipasi oleh masyarakat.

Diprediksi Terjadi 6-8 Mei

Puncak arus balik Lebaran 2022 diprediksi oleh pemerintah dan pihak kepolisian akan terjadi pada Jumat 6 Mei hingga Minggu 8 Mei 2022. Hal tersebut juga disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Atas prediksi tersebut pun, Jokowi mengimbau agar masyarakat yang saat ini tengah melakukan mudik untuk kembali lebih cepat.

"Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei 2022," ujar Jokowi secara virtual, Selasa (3/5).

Jokowi mengatakan pemerintah bakal berupaya memberi pelayanan kepada warga yang hendak kembali dari kampung halaman. Dia mengatakan pemerintah bakal melakukan manajemen lalu lintas demi kelancaran arus balik.

"Agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak/Ibu dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal," ujarnya

Pemudik Diimbau Balik Sebelum atau Sesudah 6-8 Mei

Mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik, Jokowi mengimbau agar masyarakat kembali sebelum 6 Mei. Selain itu, Jokowi menyarankan masyarakat juga bisa kembali setelah 8 Mei 2022 disesuaikan dengan jadwal cuti.

"Saya mengimbau, saya mengajak, Bapak/Ibu, dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau atau kembali setelah puncak arus balik," kata Jokowi dalam keterangan Sekretariat Presiden.

Jokowi menyampaikan imbauan ini agar masyarakat terhindar dari kemacetan. Menurutnya, saran tersebut juga harus disesuaikan dengan jadwal masuk kerja masing-masing warga.

"Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja," ujar Jokowi.

Simak selengkapnya terkait rekayasa lalin yang akan diterapkan pemerintah saat arus balik.

Saksikan juga 'Puncak Arus Balik Diprediksi 6-8 Mei, Jokowi Beri Pesan Ini':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT